Donasi Aksi Haurgeulis Bersatu Bela Palestina Rp51 Juta, Hari Ini Ditransfer Rekening Kedubes Palestina

Donasi Aksi Haurgeulis Bersatu Bela Palestina Rp51 Juta, Hari Ini  Ditransfer Rekening Kedubes Palestina

DIKIRIM – Ketua MUI Kecamatan Haurgeulis, Dr H Lutfi A Harras MA bersama Koordinator aksi, Koko Komarudin menyalurkan donasi untuk rakyat Palestina lewat transfer melalui Bank Mandiri Cabang Haurgeulis ke rekening Kedubes Palestina di Jakarta, Rabu (18/10-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

HAURGEULIS, RADARINDRAMAYU.ID – Jumlah donasi aksi kemanusiaan lewat aksi ‘Haurgeulis Bersatu Bela Palestina‘ terkumpul fantastis.

Hanya dalam beberapa hari melakukan penggalangan, dana yang terkumpul mencapai Rp51 juta.

Sebelumnya akumulasi donasi sementara dari kegiatan aksi yang dimotori Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Haurgeulis tersebut baru terkumpul Rp47.294.600,-

Dalam aksi yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut sejak Jumat hingga Minggu (13-15/10) serta diikuti ribuan massa itu, ratusan relawan turun ke jalan menghimpun penggalangan dana kepada masyarakat.

BACA JUGA:Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Indramayu Gelar Peringatan Maulid Nabi

BACA JUGA:Polres Indramayu Menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024

Namun setelah digelarnya aksi, jumlah donasi terus bertambah. Menyusul masih adanya donasi lanjutan dari para donatur yakni sejumlah komunitas muslim. Yang diserahkan secara langsung maupun via transfer.

Ketua MUI Kecamatan Haurgeulis, Dr H Lutfi A Harras MA bersama Koordinator aksi, Koko Komarudin menyalurkan donasi lewat transfer melalui Bank Mandiri Cabang Haurgeulis, Rabu (18/10).

“Alhamdulillah, kami laporkan total pengumpulan dana dari para mukhsinin sampai dengan hari ini sebesar Rp51 juta. Hari ini kami langsung transfer lewat Bank Mandiri Cabang Haurgeulis,” sebut Koko Komarudin kepada Radar, Rabu (18/10).

Donasi yang terkumpul, langsung dikirim kepada rakyat Palestina melalui transfer bank ke rekening Kedutaan Besar Palestina di Jakarta.

BACA JUGA:Menang 12-0 Atas Brunei Darussalam, Ini Calon Lawan Timnas Indonesia di Putaran Kedua

BACA JUGA:Zona Kuliner Tidak Terawat, Bapelitbangda Tawarkan Redesain Manajemen Pasar Batik Trusmi

Hal ini guna mempercepat penyaluran seiring susahnya pengiriman bantuan langsung ke Gaza karena situasi yang tak menentu akibat serangan Israel.

Kedutaan Besar Palestina di Jakarta sendiri telah membuka pintu donasi untuk warga Indonesia yang ingin menyumbang untuk para korban perang di Gaza.

“Kalaupun suatu saat kita ke sana bisa aja. Cuma supaya dana lebih cepat terkirim maka kita putuskan dikirim by rekening Kedubes Palestina di RI,” kata Koko Komarudin.

Berbarengan dengan pengiriman donasi, penggalangan dana aksi ‘Haurgeulis Bersatu Bela Palestina‘ dinyatakan ditutup.

 BACA JUGA:Menang 12-0 Atas Brunei Darussalam, Ini Calon Lawan Timnas Indonesia di Putaran Kedua

BACA JUGA:Zona Kuliner Tidak Terawat, Bapelitbangda Tawarkan Redesain Manajemen Pasar Batik Trusmi

Bagi masyarakat khususnya umat muslim yang berkeinginan untuk memberikan sumbangan bagi rakyat Palestina dipersilahkan menyalurkannya melalui lembaga filantropi yang kredibel dan terpercaya.

Koko Komarudin menegaskan, donasi Rp51 juta yang terkumpul dari aksi ‘Haurgeulis Bersatu Bela Palestina‘ seluruhnya dikirim tanpa dikurangi satu rupiahpun untuk keperluan lain.

“Dana Rp51 juta dari penggalangan itu seratus persen dikirimkan ke Palestina tanpa dikurangi satu rupiahpun untuk hal-hal lain,” tegas dia.

Dia mengungkapkan, anggaran untuk kebutuhan suport aksi mulai dari sewa kendaraan, soundsystem, konsumsi, pembuatan baner dan sebagainya telah ditanggung oleh satu orang. Supaya tidak mengurangi amanat yang dititipkan oleh MUI Kecamatan Haurgeulis.

 BACA JUGA: Open Bidding Dibuka Oleh Pemkab Kuningan untuk Empat JPT

BACA JUGA:Diduga Terpeleset Seorang Ibu RT Tercebur ke Sumur, Kini Petugas Damkar Evakuasi Jenazahnya

“Sementara total biaya untuk suport aksi yang semuanya mencapai Rp8 jutaan. Itu semua ditanggung, dicukupkan oleh satu orang muhsinin. Jadi spiritnya adalah bisnis untuk akherat,” terangnya.

Koko Komarudin menyatakan, pihaknya perlu untuk menyebarluaskan hasil pengumpulan donasi kepada publik sebagai bentuk pertanggungjawaban. Bahkan, pihaknya berencana untuk membuat baner atau reklame terkait penggalangan donasi dan sekaligus bukti penyerahan melalui rekening Kedubes Palestina.

Sementara itu, ketua MUI Kecamatan Haurgeulis, Dr H Lutfi A Harras MA memberikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak. Umat muslim, ormas Islam, elemen masyarakat lainnya yang telah ikut membantu meringankan beban umat Islam di Palestina.

"Kepedulian dari mereka ini, tentu merupakan aksi nyata dari masyarakat yang sesuai dengan ukhuwagh Islamiyah dan nilai-nilai Pancasila. Meskipun secara fisik kita tidak bisa membantu, tapi setidaknya jiwa kita terpanggil untuk peduli kepada saudara kita yang ada di Palestina. Kami berharap, donasi ini bermanfaat untuk masyarakat Palestina,” terangnya.

BACA JUGA:Jelang Tahapan Pendaftaran Capres-Cawapres, PPK Terisi Gelar Doa Bersama Pemilu Damai

Penggalangan dana untuk Palestina ini masih sebagian kecil saja. Menurutnya, masih banyak pihak-pihak lain yang melakukan pengumpulan dana, namun tidak terekspos media.

 “Semoga mereka yang memberikan bantuan materi maupun doa untuk Palestina mendapat ganjaran pahala berlipat dari Allah Ta'ala,” harapnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: