Kisah Sang Maestro (3): Terus Lestari, Didukung Bupati Nina hingga Raih Rekor MURI

Kisah Sang Maestro (3): Terus Lestari, Didukung Bupati Nina hingga Raih Rekor MURI

PEDULI: Bupati Nina Agustina menjadi tamu kehormatan sekaligus menampilkan tari topeng saat puncak HPN 2022 di Kendari.-istimewa-RADAR INDRAMAYU

RADARINDRAMAYU.ID - Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA menaruh harapan besar bagi perkembangan tari topeng di Kota Mangga. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya rekor MURI dengan menggelar tari topeng Kelana terbanyak dalam sejarah.

Menurut Earli, cucu Sang Maestro Tari Topeng Mimi Rasinah, Pemkab Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina Da’i Bachtiar sangat mendukung kegiatan tari topeng di Indramayu.

“Bupati Nina sangat mendukung sekali tari topeng. Ini dibuktikan dengan digelarnya Tari Topeng Kelana yang melibatkan ribuan penari," jelas Earli kepada Radar Indramayu.

Bupati Nina, sambung Earli, sangat perhatian dengan keberlangsungan dan kelestarian tari topeng. Bahkan mendukung penuh, termasuk mendukung kegiatan tari topeng yang digelar berbagai kalangan di Indramayu, baik dari siswa SD hingga SMA, ASN, hingga masyarakat umum.

BACA JUGA:Wakil Presiden Berikan Penghargaan Kinerja Insentif Fisikal kepada Bupati Nina

BACA JUGA:Sukses Jalankan Program Dermayu Banyu Sehat (Debas) dan Unit Reaksi Cepat (URC)

Tercatat, kata Earli, sebanyak 7.891 penari Topeng Kelana melaksanakan tari topeng di sepanjang Jalan Ahmad Yani dan berhasil memecahkan rekor MURI.

Kegiatan itu digelar dalam rangka Hari Jadi ke-495 Indramayu. Jumlah tersebut telah melampaui target peserta yang ditetapkan oleh panitia sebelumnya yaitu 6001 penari.

Rekor MURI tersebut dipegang oleh Kabupaten Indramayu dengan berhasil mengungguli rekor tari topeng sebelumnya yang dipecahkan oleh Kabupaten Malang, Jawa Timur, sejumlah 5000 penari pada tahun 2017.

Bahkan kata dia, bentuk dukungan Bupati Nina pada keberlangsungan dan eksistensi tari topeng, saat Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Bupati Nina tampil menari topeng di hadapan peserta yang hadir, termasuk para tamu dari mancanegara. "Di tangan Bupati Nina, tari topeng Indramayu mendunia," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:PLN Teruskan Proses Penggantian Lahan Kompensasi Penggunaan Kawasan Hutan Proyek PLTA Cisokan

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Resmikan PLTS Terapung Cirata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: