Menang 12-0 Atas Brunei Darussalam, Ini Calon Lawan Timnas Indonesia di Putaran Kedua

Menang 12-0 Atas Brunei Darussalam, Ini Calon Lawan Timnas Indonesia di Putaran Kedua

Tiga punggawa Timnas Indonesia, Witan Sulaiman, Ramadhan Sananta, dan Asnawi Mangkualam Bahar-Ist-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Timnas Indonesia memastikan lolos ke putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, setelah kembali mengalahkan Brunei Darussalam 6-0, Selasa 17 Oktober 2023, di Stadion Sutan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Enam gol kemenangan Timnas Indonesia masing-masing di cetak Hokky Caraka (2 gol), Egy Maulana Vikry, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, dan Ramadhan Sananta.

Dengan hasil ini secara agregat Indonesia unggul 12-0 atas Brunei Darussalam. Karena pada leg 1 di Jakarta, 12 Oktober 2023, Timnas Indonesia juga unggul 6-0. Enam gol Indonesia saat itu di cetak melalui hattrick Dimas Drajat, brave Ramadhan Sananta, dan satu gol Rizky Ridho.

Kemenangan atas Brunei Darussalam mengantar Timnas Indonesia lolos ke babak selanjutnya. Indonesia akan menghadapi lawan yang tidak ringan, karena berada satu grup dengan Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F.

BACA JUGA:Zona Kuliner Tidak Terawat, Bapelitbangda Tawarkan Redesain Manajemen Pasar Batik Trusmi

Berbeda dengan putaran pertama yang digelar dua leg, putaran kedua akan digelar dengan sistem grup. Timnas Indonesia berada di Grup F. Drawing putaran kedua sudah digelar beberapa waktu lalu.

Di Grup F, Indonesia akan berjumpa dengan dua negara ASEAN yakni Vietnam dan Filipina. Satu negara lain yang berada di Grup F adalah Irak.

Vietnam akan jadi lawan menarik bagi Timnas Indonesia. Sebab, pada level Asia Tenggara, Indonesia acap kali kesulitan melawan The Golden Star. Bahkan, baik level usia maupun senior, laga lawan Vietnam acap kali diwarnai kontroversi

Timnas Indonesia harus memulai perjalanan babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 dari putaran pertama. Sebab, Indonesia tidak masuk dalam daftar 26 negara dengan ranking FIFA paling tinggi dan langsung lolos ke putaran kedua.

BACA JUGA: Open Bidding Dibuka Oleh Pemkab Kuningan untuk Empat JPT

Saat drawing babak kualifikasi digelar, Skuad Garuda berada di posisi ke-150 rangking FIFA. Indonesia berada dalam urutan ke-28 negara Asia dengan peringkat FIFA terbaik.

Sementara, Malaysia dan Vietnam masuk dalam 26 Besar negara dengan peringkat FIFA terbaik. Malaysia berada di posisi ke-24 Asia dengan ranking FIFA 136. Sedangkan, Vietnam berada di posisi ke-15 dengan menempati posisi 95 pada ranking FIFA.

Bagaimana peluang Timnas Indonesia di putaran kedua nanti? Irak sepertinya akan menjadi lawan terberatdi Grup F ini. Sedangkan Vietnam dan Filipina merupakan lawan yang sudah tidak asing lagi, dan Shin Tae Yong sudah mengenal permainan kedua tim tersebut.

Dengan materi pemain yang cukup merata, tentunya Timnas Indonesia  diharapkan bisa lolos ke babak selanjutnya. Memang jalan masih panjang, tapi harapan itu masih ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: