Catat Sejarah! Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024 Qatar

Catat Sejarah! Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024 Qatar

Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah baru dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar-ist-RADAR INDRAMAYU

SOLO, RADARINDRAMAYU.ID -- Timnas Indonesia U-23 mencatat sejarah baru, dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Dalam  pertandingan penentuan di Grup K yang berlangsung Selasa, 12 September 2023 di Stadion Manahan Solo, Timnas Indonesia U-23 sukses mengalahkan Turkmenistan U-23 dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 masing-masing dicetak Ivar Jenner dan Pratama Arhan.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 menjadi juara Grup K dengan poin 6, hasil kemenangan 9-0 atas Chinese Taipei dan 2-0 atas Turkmenistan.

BACA JUGA:Kabar Gembira Bagi Nasabah BPR KR Indramayu, LPS Sudah Siapkan Pembayaran Simpanan

BACA JUGA:Ternyata Ibu Bayi di Lemahwungkuk Alami Depresi, Begini Penjelasan Kapolsek Lemahwungkuk

Secara otomatis sebagai juara grup Indonesia berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Dalam pertandingan menghadapi Turkmenistan, Timnas Indonesia U-23 sempat kesulitan mengembangkan permainan di awal babak pertama.

Presing ketat yang dilakukan para pemain Turkmenistan, membuat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tidak bisa bermain lepas.

Bahkan di awal babak pertama, bek Timnas Indonesia U-23 Elkan Baggott melakukan blunder di lini belakang yang mengarah ke pemain depan Turkmenistan Priyev Ruslan. Beruntung tembakan Ruslan masih dapat ditangkap kiper Indonesia Ernando Ari.

BACA JUGA:Ibu Mana Ya Koq Tega Buang Bayinya, Hari Minggu Bayi Perempuan Ditemukan, Kali Ini Bayi Laki di Harjamukti

BACA JUGA:Polisi Amankan Pelaku Pencuri Susu di Minimarket Jl. Pangeran Cakrabuana Cirebon

Timnas Indonesia U-23 sebenarnya mampu membobol gawang Turkmenistan pada menit ke-10, lewat sontekan Hokky Caraka usai meneruskan umpan Pratama Arhan dari sisi kiri.

Namun gol tersebut dianulir wasit Kim Dae Yong dari Korea Selatan karena Arhan lebih dulu dianggap terjebak offside. Padahal dari tayangan ulang terlihat Arhan dalam posisi onside.

Pada menit ke-23 lemparan ke dalam Arhan juga mampu menciptakan peluang untuk Indonesia. Lemparan Arhan ke jantung pertahanan Turkmenistan dapat disundul Elkan Baggott. Sundulan Baggott diteruskan tembakan voli Rafael Struick, namun masih dapat diblok kiper Turkmenistan.

Pada menit ke-29 lewat skema lemparan ke dalam Arhan yang sama menghasilkan peluang untuk Struick. Sayangnya tembakan Struick masih bisa diblok barisan pertahanan Turkmenistan.

Indonesia mampu memecah kebuntuan lewat gol Ivar Jenner menjelang babak pertama berakhir. Lewat tembakan keras dari luar kotak penalti Turkmenistan usai meneruskan umpan Arkhan Fikri, Ivar merubah skor 1-0 untuk Indonesia.

BACA JUGA:Mulai 17 September, KAI Daop 3 Cirebon Berikan Diskon 20 Persen Bagi Penumpang Disabilitas

BACA JUGA:Bawaslu Ajak Masyarakat Aktif Awasi Kampanye di Medos

Hingga pertandingan babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia tampil lebih kuat dalam penguasaan bola. Pada menit ke-54 Timnas Indonesia U-23 mampu mengancam gawang Turkmenistan lewat sundulan Rio Fahmi yang membentur mistar usai meneruskan umpan tendangan bebas Ivar Jenner.

Menit ke-58 Marselino Ferdinan sempat mendapatkan tekel keras dari pemain Turkmenistan Umarov Salim hingga membuat pemain Indonesia itu harus meringis kesakitan. Wasit pun memberikan kartu kuning untuk Umarov Salim.

Di menit ke-69, lagi-lagi lemparan ke dalam Arhan dapat disundul Baggott yang mengarah kepada Rafael Struick. Sayangnya, tembakan Struick masih bisa diblok kiper Turkmenistan.

Di menit ke-71, Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas lewat Witan Sulaeman yang berhasil memblok tendangan kiper Turkmenistan yang melakukan blunder saat akan melakukan tendangan di depan gawang. Namun, sayangnya tendangan kiper Turkmenistan itu mengenai tangan Witan.

BACA JUGA:Dinas Petanian Klaim Produksi Padi Surplus tapi Harga Beras Meroket

BACA JUGA:Harga Gabah Menggila, Pecah Rekor Lagi, Kini Tembus Rp8000 Perkilo

Pada menit ke-75 Shin Tae Yong memasukkan Muhammad Ramadhan Sananta menggantikan Marselino Ferdinan.

Di menit ke-85 Arkhan Fikri melakukan kontrol bola yang begitu luar biasa di sudut kiri pertahanan Turkmenistan.

Pada menit ke-89 tembakan Arkhan Fikri mampu mengancam gawang Turkmenistan tapi masih dapat ditangkap kiper lawan.

Di menit ke-90+2 Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sundulan Pratama Arhan usai meneruskan umpan Muhammad Rayhan Hannan.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia menang 2-0 atas Turkmenistan, dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

BACA JUGA:Hari Ini 297 Mahasiswa ITPB Diwisuda

.Susunan Pemain Indonesia U-23 vs Turkmenistan :

Timnas Indonesia (3-5-2): Ernando Ari; Komang Teguh, Elkan Baggott, Rizky Ridho: Ilham Rio Fahmi, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan/Ramadhan Sananta, Arkhan Fikri, Pratama Arhan; Rafael Struick, Hokky Caraka/Witan Sulaeman

Turkmenistan (4-4-2): Ahallyyev Rustem; Tyhlas Toyjanov, Oraz Orazov, Meylis Durdyyev, Sapargylyyev Arzuvguly; Yagshysahet Dovletgeldiyev, Charyyev Ilyas, Priyev Ruslan, Umarov Salim; Rahman Myratberdiyev, Shamammet Hydyrow

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: