Eks Kuwu Di Jatibarang Nilai Sosok H Kasan Basari Layak Gantikan Wakil Bupati Indramayu

Eks Kuwu Di Jatibarang Nilai Sosok H Kasan Basari Layak Gantikan Wakil Bupati Indramayu

DUKUNG: Eks atau Mantan Kuwu Bulak Kecamatan Jatibarang Rono mendorong H Kasan Basari untuk mengisi kekosongan kursi Wabup Indramayu pasca Mendagri setujui pemunduran diri Lucky Hakim sebagai Wakil Bupati Indramayu, Senin (1/5).-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID Disetujuinya Lucky Hakim mudur sebagai Wakil Bupati Indramayu oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan telah diumumkan oleh DPRD Kabupaten Indramayu saat sidang paripurna belum lama ini, berarti saat ini Kabupaten Indramayu alami kekosongan kursi wakil bupati.

Kosongnya kursi jabatan Indramayu 2 ini, menimbulkan banyak persepsi bukan saja dari kalangan politisi yang menilai siapa sosok kandidat yang pas sebagai pengganti Wakil Bupati Indramayu untuk mendampingi Bupati Indramayu dalam melanjutkan program-program pembangunan di Kabupaten Indramayu.

Namun, dari berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Indramayu mulai mengungunkapkan aspirasinya siapa sosok yang pantas menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati Indramayu, seperti datang dari kalangan eks atau mantan kuwu (kepala desa,red) di Kabupaten Indramayu.

Salah satunya dari eks Kuwu Bulak Kecamatan Jatibarang, Rono pada Radar Indramayu, Senin (1/5). Menurutnya sosok yang pantas untuk menggantikan kursi Indramayu 2 adalah H Kasan Basari yang saat ini merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Indramayu dan masih menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Gerindra.

BACA JUGA:Soal Sholat Idul Fitri yang Viral di Medsos, Begini Penjelasan Syekh Panji Gumilang

BACA JUGA:Waduh! Suami Gerebek Istri yang Lagi Selingkuh di Rumah, Begini Kronologinya

Dikatakan Rono sosok H Kasan Basari yang merupakan asli putra daerah ini memiliki pengalaman yang mumpuni  hal itu terlihat dari rekam jejaknya sebagai putra daerah yang mengawali karir yang pernah menjadi Kuwu Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu, selama 10 tahun selanjutnya berkiprah dibidang politik yang membawanya duduk di kursi DPRD Kabupaten Indramayu, sampai duduk di kursi DPRD Provinsi Jawa Barat sampai saat ini.

"Sebagai mantan kuwu, yang tahu pasti karir H Kasan ini, karena pernah duduk bersama sebagai kuwu, setelah itu karir politiknya terus melesat menjadi anggota DPRD Kabupaten Indramayu, Ketua DPC Gerindra Indramayu, dan jadi anggota DPRD Prov Jabar," tuturnya.

Melihat potensi yang ada dari H Kasan Basari ini, yang membuat para mantan kuwu di Kabupaten Indramayu pada akhirnya memberikan dukungan untuk bisa mengisi kekosongan kursi Wakil Bupati Indramayu, apalagi Partai Gerindra merupakan salah satu partai pengusung pasangan Nina-Lucky pada Pilkada Indramayu tahun 2021 yang lalu.

"Dari segi pemerintahan saya yakin H Kasan sangat memahami karena pengamananya," ujarnya.

BACA JUGA:KPU Bentuk Tim Fasilitasi Pengajuan dan Verifikasi Bacaleg DPRD Kabupaten Indramayu

BACA JUGA:Dua Korban Bus Terguling di Sudan Warga Majalengka

Selain itu, sambung Rono bahwa calon Wakil Bupati Indramayu pengganti Lucky Hakim akan lebih layak dan pantas di isi oleh orang yang sudah kenal potensi daerahnya, karakter masyarakat dan budaya. Sehingga dalam aspek pelayanan pembangunan terkait semua infrastruktur akan terakomodir baik di pelosok maupun di perkotaan.

"Yang perlu disikapi bahwa tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs harus diprioritaskan, ini jadi harapab kami sebagai mantan kuwu yang berharap H Kasan Basari bisa dampingi Bupati Nina untuk melanjutkan program-program pembangunan Pemkab Indramayu," katanya.

Sebelumnya dukungan kepada anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H Kasan Basari datang dari Mantan Kuwu Anjatan Utara Kecamatan Anjatan Asmono, Mantan Kuwu Sudimampir Lor Kecamatan Anjatan Agus Sutisna yang menilai sosok H Kasan Basari akan mampu menjembatani sumbatan komunikasi politik antara eksekutif dengan  legislatif. Sehingga visi misi Bupati Indramayu Nina Agustina bisa di jalankan berdasarkan apa yang sudah tertuang dalam RPJMD Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Sementara itu secara terpisah pemberhati sosial dan politik Harris mengungkapkan, sosok tersebut ada pada H Kasan Basari, yang saat ini masih menjabat anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra. Sosok asal Indramayu tersebut dinilai tepat untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Bupati Indramayu. 

BACA JUGA:Petugas Poned Puskesmas Rajagaluh Bantu ODGJ yang Akan Melahirkan

BACA JUGA:Pastikan Kecukupan Pasokan Listrik Selama Liburan Idul Fitri  

“Saya menilai sosok H Kasan Basari sangat tepat untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Lucky Hakim, dengan sejumlah alasan realistis,” ujar mantan anggota DPRD Indramayu ini, Selasa 2 Mei  2023.

Dikatakan, H Kasan Basari adalah mantan anggota DPRD Indramayu dan pernah menjabat wakil ketua. Jadi dari sisi pengalaman, pasti paham betul bagaimana kondisi luar dalamnya DPRD Indramayu. Sehingga akan memudahkan dalam komunikasi.

Selain itu, lanjut Harris, H Kasan Basari adalah Ketua DPC Partai Gerindra Indramayu, yang merupakan pengusung pasangan Nina Agustina-Lucky Hakim.

“Sebagai partai pengusung, selain memang memiliki hak untuk mengisi jabatan wakil bupati, juga akan lebih memiliki rasa tanggung jawab. Sehingga akan benar-benar membantu tugas-tugas bupati dalam mewujudkan visi misinya,” tandas Harris. (Oni/Oet)

BACA JUGA:Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023, Total 2,2 Juta Kendaraan Melintasi Jalur Pantura Bumi Wiralodra

BACA JUGA:Lalin Lancar Warga Bongkar Pagar Penutup U-Turn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: