Semakin Solid, Paskibraka Indramayu Berlatih untuk HUT RI ke-79

Semakin Solid, Paskibraka Indramayu Berlatih untuk HUT RI ke-79

Paskibraka Indramayu menjalani latihan persiapan HUT RI ke-79 pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang (13/7/2024).-Foto: Burhannudin. -radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Paskibraka Indramayu menjalani latihan persiapan HUT RI ke-79 pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

Bertempat di Alun-alun Puspawangi Indramayu, puluhan anggota Paskibraka dari berbagai sekolah di Indramayu mengikuti latihan dengan penuh semangat dan disiplin. 

Di bawah naungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indramayu, dan arahan dari Kodim 0616 Indramayu, mereka dilatih untuk pengibaran bendera yang benar dan khidmat.

Menurut Serma Sarjaya, dari Kodim 0616, latihan ini tidak hanya fokus pada fisik, tetapi juga mental dan spiritual para Paskibraka. Mereka dibekali dengan pengetahuan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, nilai-nilai nasionalisme, dan rasa cinta tanah air.

Ia juga menambahkan bahwa minggu depan Paskibraka akan mengadakan latihan gabungan dengan TNI

BACA JUGA:Penjual Mie Ayam di Masjid Agung Indramayu Bisa Raih Omzet 1 Juta per Hari

"Kami ingin para Paskibraka ini dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan rasa bangga. Pertama kali kumpul pada 25 Mei (2024). Ini merupakan pertemuan ke-7, masih ada 4 pertemuan lagi, hari ini sudah mulai tahap pembentukan pasukan 17 dan pasukan 8, minggu depan kita sudah gabung dengan pasukan dari TNI yang khususnya dari Arhanud 14," ujar Serma Sarjaya, saat ditemui Radar Indramayu, (13/7/2024).

Pemilihan anggota Paskibraka di Indramayu dilakukan melalui proses seleksi yang ketat. Para peserta harus memiliki kemampuan yang baik, fisik yang sehat, dan mental yang kuat. 

Selain itu, mereka juga harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan berdedikasi untuk bangsa dan negara.

Serma Sarjaya menjelaskan bahwa seleksi dilakukan terbuka untuk sekolah SMA se-Indramayu. 

"Dari 450 (siswa), tersaring 30. Nah, inilah yang kami siapkan untuk 17an nanti," ujarnya. 

BACA JUGA:Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu Menerima Kunjungan Kerja Kepala Kanwil BPN Jabar

Peringatan HUT RI ke-79 tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Semangat para Paskibraka Indramayu dalam latihan ini menjadi cerminan bahwa generasi muda Indonesia siap untuk meneruskan cita-cita para pahlawan dan membangun bangsa yang lebih maju dan sejahtera.

Agus, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) Kesbangpol Indramayu, mengatakan bahwa antusiasme para Paskibraka dalam mengikuti latihan ini patut diacungi jempol. Mereka tidak gentar dengan terik matahari dan kelelahan fisik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: