Buka Rakernas IPI 2023, Begini Pesan Wapres: Pesantren Selalu Menjaga Keamanan Santri

Buka Rakernas IPI 2023, Begini Pesan Wapres:  Pesantren  Selalu Menjaga Keamanan Santri

Wapres Ma'ruf Amin--

SURABAYA, RADARINDRAMAYU.ID -  Undang-undang No.18 Tahun 2019 tentang Pesantren menyebutkan bahwa pesantren memiliki fungsi yang meliputi pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat. Bahkan sebagai lembaga pendidikan yang akan mencetak generasi penerus bangsa, pesantren dituntut untuk memberikan pendidikan berkarakter sehingga menjadi pusat peradaban Islam.

Namun, sangat disayangkan, di beberapa pesantren, masih terjadi hal-hal yang menyimpang yang dilakukan oknum kyai kepada santri. Untuk itu pesantren perlu melakukan pengawasan yang ketat untuk menjaga keamanan santri.

“Yang tidak kalah penting saya minta semua pesantren di seluruh Tanah Air untuk selalu menjaga keamanan para santri, anak-anak kita yang akan menjadi generasi penerus bangsa,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) 2023, di Gedung Srijaya, Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Jumat (11/08/2023).

Dengan adanya ulah para oknum kyai tersebut, Wapres mengungkapkan, dapat merusak citra baik pesantren yang seharusnys selalu menanamkan akhlak mulia kepada santri.

BACA JUGA:Komnas Haji Setuju Sanksi Travel Umrah Tidak Profesional

BACA JUGA:Pemkab Indramayu Optimalkan Pengolahan Sampah

“Ini hati-hati ada banyak sekarang pesantren yang mencoreng nama pesantren, adanya kekerasan seksual di beberapa pesantren,” kata Wapres mengingatkan.

“Jadi ada beberapa pesantren yang kemudian kiai-kiainya, bukan kiai itu sebenarnya, pura-pura jadi kiai itu, mosok kiai begitu. Ini yang harus kita jaga,” ujar Wapres menunjukkan kekecewaannya.

Sebagai wadah yang menaungi pesantren-pesantren di Indonesia, Wapres pun meminta IPI untuk berperan mengawasi penyimpangan-penyimpangan tersebut.

“Oleh karena itu saya minta IPI mengawasi ini, jangan sampai kita ini, apa namanya karena setitik noda kemudian pesantren dianggap tidak aman ya. Ini penting,” pinta Wapres seraya memberikan analogi.

BACA JUGA:Diskominfo Maksimalkan Layanan Informasi di Setiap SKPD

BACA JUGA:Sampaikan Aspirasi, Massa GNP Geruduk Gedung DPRD

Wapres berharap, dengan adanya pengawasan yang ketat, tidak ada lagi penyimpangan di pesantren.

“Mudah-mudahan dunia pesantren tidak dirusak oleh adanya oknum-oknum yang ingin menghancurkan Pesantren,” harap Wapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: