TNI - Polri Bersinergi Untuk Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pembinaan UMKM

TNI - Polri Bersinergi Untuk Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pembinaan UMKM

TNI - Polri Bersinergi Untuk Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pembinaan UMKM-UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -  Sinergitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam Meningkat Ketahanan Pangan dan Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di mulai.

Hal tersebut ditandai dengan Memorandum of understanding (MoU) sinergitas TNI dan Polri dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Pembinaan UMKM yang berlangsung, di Aula Atmani Wedhana Polres Indramayu, Senin 15 Mei 2023.

Penandatanganan MoU dilakukan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo SIP dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol DR Akhmad Wiyagus S IK MSi MM.

Tampak hadir Bupati Indramayu Nina Agustina, Kapolres AKBP M Fahri Siregar beserta jajaran, unsur Forkopimda dan sejumlah pejabat terkait.

BACA JUGA:KAI Daop 3 Cirebon Berlakukan Penyesuaian Harga dan Penambahan Rute di Tarif Khusus

BACA JUGA:Prediksi Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Final SEA Games 2023. Saatnya Bawa Pulang Medali Emas!

Pangdam Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo SIP mengungkapkan,  TNI dan Polri sudah selayaknya berdampingan dengan masyarakat, untuk terwujudnya ketahanan pangan. Bahkan kedaulatan pangan di masyarakat termasuk meminimalisir persoalan sumber daya alam melalui program dan kebijakan.

"Termasuk lahan gambut menjadi persoalan, maka kami mencoba dan melakukan terobosan dan terciptalah BIOS 44. Sehingga bertahap kita mendekatkan kepada masyarakat sehingga saat ini desa harus menjadi desa kedaulatan pangan," tuturnya.

Terlebih keberadaan BIOS 44 sangat cocok untuk perikanan dan peternakan, sehingga diharapkan kedaulatan pangan dapat tercapai demi kesejahteraan masyarakat.

Hal sama disampaikan Kapolda Jabar Irjen. Pol DR Akhmad Wiyagus. Menurutnya ketahanan pangan menjadi perhatian serius TNI dan Polri.

BACA JUGA:Cegah Peredaran Barang Terlarang Dalam Lapas, Lapas  Kelas II B Lakukan Razia

BACA JUGA:Warga Indramayu, Sambut Thudong 32 Bhiksu Jalan Kaki Dari Tahiland Menuju Borobudur

Beranjak dari BIOS 44, pesan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, diharapkan kolaborasi dan sinergitas TNI dan polri dapat pula mewujudkan ketahanan pangan dan program swasembada pangan.

"BIOS 44 setalah dilaunching Pangdam maka perlu dipersamakan persepsinya bagaimana kolaborasi dan sinergitas TNI dan Polri harus sama untuk mewujudkan ketahanan pangan. Termasuk membantu masyarakat di Kabupaten Indramayu bagaimana tadi target 1,8 juta ton dapat tercapai sebagaimana target Bapak Presiden," harapnya.

Sementara  itu Bupati Indramayu Nina Agustina sangat mengapresiasi dengan adanya BIOS 44 yang dilakukan di lahan pertanian di Kabupaten Indramayu.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Pangdam dan Kapolda untuk sinergitas TNI dan Polri salah satunya dengan pupuk cair BIOS 44," ucapnya.

BACA JUGA:Polres Indramayu Luncurkan Polisi RW, Libatkan 418 Anggota

BACA JUGA:Bawaslu Belum Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Pengajuan Bacaleg

Menurutnya, sinergitas TNI dan Polri terkait program ketahanan pangan sangat selaras dengan upaya Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam mewujudkan Kota Mangga sebagai daerah lumbung pangan nasional.

"Seperti RPJMD kita adalah lumbung pangan nasional, dengan adanya sinergitas TNI dan Polri ini kita sambut dengan baik demi kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Indramayu," tambahnya.

Keberadaan pupuk cair BIOS 44 sendiri sudah dicoba di Kabupaten Indramayu tepatnya dilahan pertanian Kecamatan Pasekan dan telah dilaksanakan panen raya dengan hasil ubinan yang baik.

"Sekarang ini lahan baru 80 Hektare dan kemarin uji coba di Kecamatan Pasekan dan nantinya lahan-lahan lainnya," lanjut Nina.

Bupati Nina berharap, dengan MoU TNI dan Polri terkait program ketahanan pangan dapat pula berimbas pada maksimalnya pengelolaan sektor unggulan di Kota Mangga melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) salah satunya Bumi Wiralodra Indramayu (BWI), untuk membantu meningkatnya perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:Minus Partai Garda Perubahan Indonesia, 17 Parpol Daftarkan 696 Bacaleg ke KPU Indramayu

BACA JUGA:KPU Indramayu Tutup Pengajuan Bacaleg, PKN Daftar Terakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: