Polres Indramayu Luncurkan Polisi RW, Libatkan 418 Anggota

Polres Indramayu Luncurkan Polisi RW, Libatkan 418 Anggota

Polres Indramayu Luncurkan Polisi RW, Libatkan 418 Anggota-UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar meluncurkan program Polisi RW, Senin 15 Mei 2023, di Mapolres Indramayu.

Sebanyak 418 polisi dilibatkan menjadi Polisi RW di wilayah hukum Polres Indramayu. Mereka dilengkapi dengan buku saku dalam menjalankan tugas sebagai Polisi RW di tengah masyarakat.

Fahri menyebutkan, ada 418 polisi di Polres Indramayu yang ditetapkan sebagai Polisi RW. Sedangkan jumlah RW di Kabupaten Indramayu total ada 1.636 RW. Dengan demikian maka setiap Polisi RW akan bertugas di beberapa RW.

‘’Polisi RW ini bukan Bhabinkamtibmas, tapi polisi diluar Bhabinkamtibmas. Jadi ada dari Satlantas, Satreskrim, Satintel, Satnarkoba, polsek-polsek kita libatkan sebagai Polisi RW,’’ kata Fahri.

BACA JUGA:KPU Indramayu Tutup Pengajuan Bacaleg, PKN Daftar Terakhir

BACA JUGA:Yakin Beringin Masih Mengakar, Golkar Siap Pertahankan 22 Kursi Legislatif

Dijelaskaan Fahri, Polisi RW bertugas melakukan komunikasi, pendekatan dan menampung keluhan dari masyarakat. Selain itu, mereka juga memberi rekomendasi kepada pimpinan dan satuan kerja tentang keluhan dan saran tindaklanjut yang diharapkan masyarakat.

‘’Kita mendata keluhan masyarakat sehingga kita bisa memberikan respon cepat,'’ ujar  Fahri.

Fahri menambahkan, dalam program Polisi RW, pihaknya telah menyiapkan sarana berupa google foam. Dengan demikian, data mengenai keluhan masyarakat bisa ter-update secara ril dan terintegrasi dengan posko sehingga bisa ditindaklanjuti.

‘’Kita juga lengkapi buku saku karena ada metode yang harus diterapkan oleh Polisi RW,'’ kata Fahri.

Adapun metode yang harus diterapkan itu, yakni scaning masalah yang terjadi di tengah masyarakat, analisis masalah, respon atau menindaklanjuti keluhan masyarakat dengan memberikan rekomendasi dan assessment atau penilaian terhadap apa yang telah dilakukan oleh satuan kerja yang menindaklanjuti keluhan masyarakat.(oet)

BACA JUGA:Gerindra Ajukan 50 Bacaleg ke KPU Indramayu. Siap Bikin Kejutan!

BACA JUGA:Desain Masjid Raya Islamic Center Jatim, Ridwan Kamil Dapat Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: