Tingkatkan Kepercayaan Publik, Pemkab Indramayu Menuju WBK dan WBBW

Tingkatkan Kepercayaan  Publik, Pemkab Indramayu Menuju WBK dan WBBW

TANDA TANGAN: Jajaran SKPD Pemkab Indramayu sepakat mewujudkan zona integritas di lingkungan kerjanya masing-masing. Komitmen itu disaksikan langsung Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA, kemarin.-istimewa-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Pemerintah Kabupaten Indramayu terus melakukan upaya pencegahan korupsi dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan.

Hal itu dilakukan dengan mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Tekad itu terungkap saat sosialisasi Perbup Indramayu tentang zona integritas, di Ruang Ki Tingkil Setda Indramayu, kemarin.

Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA  mejelaskan, sesuai Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana tercantum dalam Pasal 6 huruf (b) dan Pasal 8 huruf (b) dan (e) dalam koordinasi upaya pencegahan korupsi daerah dilakukan melalui pengelolaan bersama antara Kementerian Dalam Negeri dan BPKP untuk mendapatkan laporan atas upaya pencegahan korupsi pada pemerintah daerah.

BACA JUGA:DLH Indramayu Terus Pantau Kualitas Udara dan Air

“Perlu sinergi bersama pencegahan korupsi dengan tujuan, antara lain melakukan identifikasi titik rawan korupsi sehingga dapat memetakan potensi kerawanan korupsi pada masing-masing pemerintah daerah,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Nina pun mendorong inisiasi dan komitmen kepala perangkat daerah beserta pejabat dan ASN daerah, termasuk unsur legislatif serta stakeholder terkait lainnya dalam upaya pencegahan korupsi.

Kerena, menurut Bupati Nina, terdapat 8 area pencegahan korupsi di Pemkab Indramayu yang harus mendapatkan perhatian serius yakni perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa, pelayanan publik, pengawasan APIP, manajemen ASN, pengelolaan barang milik daerah (BMD), dan optimalisasi pajak daerah.

Sementara itu, Direktur Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah II, Bahtiar Ujang Purnama menjelaskan, seluruh jajaran di Pemkab Indramayu harus lebih memperhatikan lagi dalam implementasi zona integritas tersebut karena akan makin meningkatkan kepercayaan publik.

BACA JUGA:Keseruan Rangkaian Hari Pelanggan Nasional Bersama Yamaha Jabar

Menurutnya, pelaksanaan ZI juga didukung oleh Survei Penilaian Integritas (SPI) dan Monitoring Center of Prevention (MCP) sebagai indikator percepatan pencegahan korupsi di lingkungan pemerintah daerah.

Peningkatan skor SPI dan MCP setiap tahun merupakan indikator bagi pemerintah daerah sebagai upaya turut serta dalam pencegahan pemberantasan tindakan korupsi di daerahnya.

“Berdasarkan evaluasi tahun 2023 lalu indeks SPI Kabupaten Indramayu berada pada posisi ke-16 dengan indeks 70,63 sedangkan capaian MCP mencapai 79,76. Harus lebih ditingkatkan lagi, karena ada beberapa capaian indikator yang belum maksimal dan harus dilakukan intervensi agar bisa meningkat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dibacakan juga komitmen zona integritas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aep Surahman yang diikuti oleh seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. (oni)

BACA JUGA:Timnas Indonesia Dinobatkan sebagai 'Raksasa Asia yang Bangun dari Tidur' oleh Media AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: