Bawaslu Larang ASN Berfoto Gunakan Gerakan Tangan Simbol Peserta Pemilu 2024

Bawaslu Larang ASN Berfoto Gunakan Gerakan Tangan  Simbol Peserta Pemilu 2024

WARNING: Bawaslu Kabupaten Indramayu mengingatkan para ASN di lingkungan Pemkab Indramayu terkait netralitas ASN selama masa kampanye, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu mengingatkan netralitas aparatur sipil negara (ASN) menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024, terutama di saat-saat masa kampanye yang sudah berlangsung saat ini.

Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu Ahmad Tabroni kepada awak media, kemarin.
Dijelaskannya, banyak larangan ASN selama masa kampanye, diantaranya larangan berfoto sambil berpose menggunakan posisi jari ataupun gerakan tangan yang berkaitan dengan simbol peserta pemilu.

“Salah satu larangan adalah berfoto dengan gerakan tangan tertentu yang berkaitan dengan nomor urut peserta pemilu. Untuk itu kita ingatkan kembali kepada seluruh ASN di Kabupaten Indramayu terkait larangan itu,” ujar Tobroni.

Menurutnya, pada tahun 2019 pelanggaran tertinggi ada pada netralitas ASN. Bahkan, indeks kerawanan pada tahapan kampanye pertama terkait netralitas ASN, kemudian money politics atau politik uang.

BACA JUGA:Di Penghujung Tahun 2023, Bupati Nina Torehkan Prestasi

BACA JUGA:Grand Opening Halaman Dua Cafe Meriah, Menu Baru Untuk Penikmat Kopi

“Sejumlah larangan terhadap ASN sudah diatur dalam surat keputusan bersama nomor 2 tahun 2022 tentang pedoman pembinaan dan pengawasan netralitas pegawai aparatur sipil negara dalam penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah,” ungkapnya.

Tabroni menegaskan, apabila ASN terbukti melanggar netralitas pada masa kampanye, maka Bawaslu akan merekomendasikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara untuk diberikan sanksi atau hukuman atas pelanggaran yang dilakukan.

“Kami yang putuskan apakah ASN itu melanggar netralitasnya, kemudian yang memberikan sanksi adalah Komisi Aparatur Sipil Negara,” terangnya. (oni)

BACA JUGA:Baher Hadir di Tengah Masyarakat, Pasokan Listrik Akhirnya Terwujud

BACA JUGA:Polisi Juga Amankan 9 Pelaku Curas, Satu Diantaranya Revidivis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: