Di Cirebon, Seorang Warga Terkena Cacar Monyet Kini menjalani Perawatan di RSD Gunung Jati

Di Cirebon, Seorang Warga Terkena Cacar Monyet Kini menjalani Perawatan di RSD Gunung Jati

KOORDINASI: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi langsung menggelar rapat dengan dinas terkait menyikapi adanya warga yang terjangkit cacar monyet.-Abdullah-RADAR INDRAMAYU

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Seorang warga Kota Cirebon resmi dinyatakan terkena cacar monyet dan saat ini menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi kepada wartawan mengaku sudah mendapatkan laporan dari kadinkes terkait adanya kasus terkonfirmasi penyakit cacar monyet.

“Kami kumpulkan dinas terkait untuk bisa memberikan pemahaman cacar monyet, dan gejalanya apa,” katanya.

Menurut sekda, warga yang terjangkit itu dari Kecamatan Pekalipan berusia 54 tahun. Berasal dari laporan kader disampaikan ke puskesmas lalu diambil swab, dan terkonfirmasi positif.

BACA JUGA:Kisah Sang Maestro (3): Terus Lestari, Didukung Bupati Nina hingga Raih Rekor MURI

BACA JUGA:Pemkab Indramayu Jamin Netralitas pada Pemilu 2024, Ada 7 Larangan Bagi ASN

Karena di rumahnya tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri maka diisolasi di rumah skait. "Satu orang positif dan satu suspek menunjukkan gejala mirip.  Masih keluarganya," ujarnya.

Sekda memerintahkan lurah dan camat untuk melakukan edukasi. Karena, penularan bisa melalui kontak langsung dan droplet.

“Sudah menugaskan RSD Gunung Jati menyiapkan ruang isolasi sebanyak 12 tempat tidur,” katanya.
Kabid pelayanan RSD Gunung Jati, dr Toat Makruf, menjelaskan, saat ini sudah menyiapkan 12 tempat tidur untuk perawatan pasien cacar monyet.

Penyakit ini, kata Toat, sebenarnya bisa disembuhkan dan kondisi pasien sendiri terus membaik.
“Kondisi pasien relatif tidak ada gejala. Hanya terdapat bekas luka atau ruam pada kulit. Pasien ini sudah meminta pulang," ujarnya.

BACA JUGA:Tabrak Beruntun yang Melibatkan 6 Truk Terjadi di Gebang Kulon Cirebon

BACA JUGA:Pesta Piala Dunia Dimulai Pembukaan di Surabaya, Tiket Sold Out

Untuk penyakit cacar monyet (Monkeypox), lanjut Toat, pasien hanya perlu diisolasi selama kurang lebih 21 hari dan setelah itu dinyatakan sembuh. Monkeypox (Mpox) merupakan penyakit emerging zoonosis, penyebabnya adalah oleh monkeypox virus, termasuk genus Orthopoxvirus.

Penularan virus ini bisa dikarenakan kontak langsung dengan hewan ataupun manusia yang terinfeksi, melalui benda yang terkontaminasi oleh virus tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: