Gelar Nesater Job Fair & Career Expo, Libatkan 16 Perusahaan, Asah Jiwa Wirausaha Siswa Lewat Bazar UMKM

Gelar Nesater Job Fair & Career Expo, Libatkan 16 Perusahaan, Asah Jiwa Wirausaha Siswa Lewat Bazar UMKM

BUKA JOB FAIR NESATER - Kepala KCD Pendidikan Wilayah 9 Provinsi Jawa Barat, Dra Hj Dewi Nurhulaela MPd menggunting pita saat membuka even Nesater Job Fair dan Career Expo 2023, Selasa (3/10).-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

TERISI, RADARINDRAMAYU.ID – SMK Negeri 1 Terisi (Nesater) menggelar Job Fair dan Career Expo 2023, Selasa (3/10).

Sebanyak 16 perusahaan berpartisipasi dalam even yang dibuka oleh Kepala KCD Pendidikan Wilayah 9 Provinsi Jawa Barat, Dra Hj Dewi Nurhulaela MPd.

Ditandai dengan pengguntingan pita, acara pembukaan dihadiri pengawas pembina SMK, Forkompimcam Terisi, para kepala SMK se-Kabupaten Indramayu, Darma Wanita Persatuan (DWP) serta perwakilan dunia usaha dan industri (dudi).

Ratusan pencari kerja alias jobseeker juga turut hadir menyaksikan rangkaian acara pembukaan yang dihelat sederhana namun semarak.

BACA JUGA:ASN Diskominfo dan Bappeda Litbang Ikrar Bersama Siap Netral Pada Pemilu 2024

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Resmikan Kereta Cepat Whoosh

Mereka dengan penuh antusias sudah hadir dilokasi acara sejak pagi hari. Menjelang siang, jumlah jobseeker terus bertambah.

Kepala SMKN 1 Terisi, Sarwa SS MM mengatakan, Nesater Job Fair & Career Expo yang perdana ini melibatkan 19 perusahaan nasional dan multinasional yang menyediakan lowongan kerja (loker).

Ke-19 perusahaan itu adalah PT Sinar Sosro Tbk, PT Morio Hatri Indonesia, PT Gajah Tunggal Tbk dan PT Bank BTPN Syariah Tbk.

Kemudian LPK Obos Syoushin Indonesia (ORI), PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Esta Dana Ventura, PT Kaldu Sari Nabati Indonesia, PT Paragon Technology and Innovation, PT Wings Group, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, PT Tri Adi Bersama, PT Nafriya Abadi Motor, PT Smart Teknologi Utama serta PT AHP Alih Daya Nusantara.

BACA JUGA:Makan Khas Indramayu, 5 Makanan yang Paling Disukai Pecinta Kuliner

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae Yong Bakal Panggil 26 Pemain

Selanjutnya LPK Cruise World, PT Evoluzione Tyres, PT Maha Indo Telekomunikasi, PT Sinar Solaria, PT Leetex Garment Indonesia, PT Federal International Financial dan PT Indomarco Prismatama.

“Event job fair perdana ini kami memfasilitasi mitra dudi yang membuka lowongan dan siap merekrut para pelamar kerja. Besar harapan kita, kegiatan ini bisa merekrut calon tenaga kerja sebanyak mungkin. Dan mudah-mudahan ini bukan yang terakhir. Semoga bisa adakan secara rutin ditahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Tidak hanya bagi alumni SMKN 1 Terisi, Nesater Job Fair & Career Expo dibuka untuk umum sehingga bisa diikuti oleh lulusan dari SMK maupun SMA lain yang ada di Kabupaten Indramayu.

Sarwa menambahkan,  berbarengan dengan kegiatan Nesater Job Fair & Career Expo 2023, juga diadakan bazar produk UMKM dari para peserta didik SMKN 1 Terisi. Mulai dari produk kuliner, olahan buah, kerajinan tangan hingga bibit tanaman hias dan buah-buahan.

BACA JUGA:Ini Nasi Lengko yang Paling Tua dan Enak di Indramayu, Bagi Kuliner Wajib Coba!

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, Berikut Ini 5 Objek Wisata Pantai yang Hits di Indramayu, Nomor 1 Serasa di Bali

“Adanya stand bazar UMKM ini sejalan dengan misi sekolah mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter, akhlak mulia dan jiwa technopreneur,” terangnya.

Sementara itu, Kepala KCD Pendidikan Wilayah 9 Provinsi Jawa Barat, Dra Hj Dewi Nurhulaela MPd memberikan apresiasi terselenggaranya event Nesater Job Fair & Career Expo 2023.

Menurutnya, melalui even seperti ini menjadi solusi mengurangi jumlah pengangguran. Sekaligus dapat mendorong peningkatan keterserapan tenaga kerja khususnya di wilayah provinsi Jawa Barat.

Sebab, event semacam ini sangat membantu dan bermanfaat bagi para job seekers terutama yang berasal dari fresh graduate atau lulusan SMK maupun SMA sederajat yang hendak mencari pekerjaan.

“Kegiatan ini menjadi kewajiban sekolah untuk berkolaborasi dengan mitra dudi dalam mengurangi angka pengangguran. Wujud sinergitas banyak pihak dalam meningkatkan keterserapan tenaga kerja,” jelasnya. (kho)

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Luar Biasa Jus Lemon untuk Kecantikan Kulit Wajah Anda, Simak Lengkapnya Disini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: