Makan Khas Indramayu, 5 Makanan yang Paling Disukai Pecinta Kuliner

Makan Khas Indramayu, 5 Makanan yang Paling Disukai Pecinta Kuliner

Pindang Gombyang Manyung-ist-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Kota Indramayu selain dikenal sebagai Kota Mangga juga terkenal akan kulinernya.

Ya makanan khas Indramayu sudah terkenal diberbagai kota. Karena memiliki rasa yang khas yang nikmat yang wajib Anda cicipi.

Kami radarindramayu akan menyajikan beberapa daftar 5 makanan khas Indramayu diantaranya:

1. Pindang Gombyang Manyung

Makan khas Indramayu ini berbahan utama yakni ikan manyung, dimana ikan yang satu ini berasal dari laut, kuliner ini dimasak seperti gulai.

Dan rasanya, mantap karena cukup kaya rasa. bahan bumbunya: kunyit, jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan beberapa jenis bumbu lainnya dan lebih segarnya lagi ditambah belimbing wuluh.

BACA JUGA:Ini Nasi Lengko yang Paling Tua dan Enak di Indramayu, Bagi Kuliner Wajib Coba!

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, Berikut Ini 5 Objek Wisata Pantai yang Hits di Indramayu, Nomor 1 Serasa di Bali

2. Rumbah
Nah makan ini mirip dengan lotek di Bandung atau gado-gadoi di Jakarta. Yang berbahan sayuran yang direbus, kemudian diberi bumbu kacang. Dan sayuran yang digunakan biasanya kangkung, kacang panjang, touge, kol, timun, dan beberapa jenis sayuran lainnya.

3. Burbacek

Kalau makan burbacek ini sebenarnya singkatan dari bubur, rumah, dan cecek. kenapa dikasih nama burbacek? karena makanan ini berbahan bubur, yang ditambah dengan rumbah dan cecek (kikil sapi) yang dimasak dahulu menggunakan parutan kelapa yang ditambah dengan bumbu cabai merah.

Dan rasa burbacek ini memiliki rasa asam pedas dari rumbah, serta rasa gurih pedas dari cecek wah mantap lebih-lebih disantap pada siang hari.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Luar Biasa Jus Lemon untuk Kecantikan Kulit Wajah Anda, Simak Lengkapnya Disini!

BACA JUGA:UPDATE Daftar Lengkap 7 Jenis Bansos Cair Oktober 2023, Inilah Jadwal dan Persyaratan Penerima Manfaat

4. Mie Ragit

Hampir semua tempat di Indonesia mempunyai kuliner khas dari bahan mie, demikian pula dengan daerah Indramayu. Namun ada yang unik dengan kuliner mie khas Indramayu ini, bahan mie yang digunakan sama, namun kuah yang digunakan, berbeda. Mie ragit ini, menggunakan kuah santan sayur santan udang, dan sebagai pelengkap, juga ditambahkan telur yang sudah diiris tipis.

Masyarakat Indramayu, biasanya mengkonsumsi kuliner ini pada saat buka puasa. Anda akan menemukan kuliner ini di warung-warung kecil yang ada di pinggir jalan. Untuk harga tidak masalah, harga kuliner ini sangat terjangkau.

5. Blengep cotot

Makanan ini  yang juga terbuat dari singkong dan gula merah khas Indramayu adalah blengep. Cotot sendiri jika dalam bahasa Jawa artinya keluar, itu artinya, ketika seseorang mengkonsumsi kuliner ini, maka gula merah akan keluar dari kulier tersebut, dan meleleh di mulut Anda.

BACA JUGA:Serukan Salat Minta Hujan, Partai Gelora Cirebon Salurkan Air Bersih ke Sejumlah Desa Terdampak Kekeringan

BACA JUGA:Rahasia Keindahan Pantai Tirtamaya, Destinasi Wisata Favorit di Indramayu

Singkong yang ada akan dibentuk bulat-bulat seperti bakpao. Kuliner ini cukup terkenal di Indramayu, dan paling banyak di daerah Bangkir atau di pasang bangkir Indramayu. Kuliner yang satu ini biasanya dijajakan ketika pagi hari.

Itulah 5 makanan khas Indramayu, semoga info ini bisa berguna dan menjadikan Anda tertarik untuk mencobanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: