Bahas Kamtibmas, Polres dan Kemenag Gelar Rapat Koordinasi

Bahas Kamtibmas, Polres dan Kemenag Gelar Rapat Koordinasi

Jajajaran Polres Indramayu bersama Penyuluh Agama Kemenag Indramayu berpose bersama usai rapat koordinasi di Aula Polres Indramayu-Adun Sastra-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Sebagai bentuk sinergitas guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di tengah masyarakat. Polres Indramayu, Polda Jawa Barat (Jabar) bersama  Penyuluh Agama Kemenag Indramayu  menggelar rapat koordinasi, Kamis (11/05/2023) di Aula Athmani Wedhana Polres Indramayu.

Kapolres Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar didampingi Kasubsi PIDM Humas Polres Indramayu, Ipda Tasim menyampaikan, ucapan terimakasih kepada peserta yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut. Hal ini sebagai bentuk sinergitas antara Polri dengan seluruh elemen masyarakat.

Agar bisa bersama-sama dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.“Terimakasih atas kedatangannya di Polres Indramayu. Dalam rangka rapat koordinasi optimalisasi sinergitas Bhabinkamtibmas dan Penyuluh Agama Kemenag Indramayu,”jelas mantan Kapolres Cirebon Kota usai memimpin rapat koordinasi.

Perwira menengah yang selalu mengedepankan 02H yaitu otak otot dan hati nurani mengakui bahwa peran penyuluh agama selaras dengan program kerja Polri. Terutama dalam bidang Bhabinkamtibmas, sehingga dipandang perlu adanya sinergitas.

BACA JUGA:Layanan Cabang, ATM & Mobile Banking BSI Sudah Kembali Normal

BACA JUGA:Kapolres Besuk Anggota Yang Dianiaya Geng Motor, Lima Pelaku Ditetapkan Tersangka

Supaya di lapangan bisa berdampingan dalam menghadapi permasalahan yang bakal terjadi  di tengah masyarakat.
Selama dinas di wilayah hukum Polres Indramayu, saya melihat ada gangguan keamanan yang harus diperhatikan seperti kejahatan jalanan.

Selain itu, lanjut dia, adanya penyakit masyarakat seperti miras, judi, narkoba, radikalisme dan intoleran sampai aliran sesat."Yang jelas kita harus melibatkan semua elemen masyarakat. Terutama dalam penangan serta antisipasi sejak dini,"imbuh pria yang pernah ikut dalam tim penyusun program tilang elektronik atau electronic law Enforcement (ETLE) ini.

Ia menyebutkan bahwa  narkoba, minuman keras, prostitusi dan premanisme masih menjadi penyakit masyarakat yang cukup sulit dihilangkan. Untuk itu, kata Kapolres, kami selalu beruaha untuk menanggulangi penyakit masyarakat dengan melibatkan semua unsur terkait.

Sebagai upaya yang kita lakukan yaitu salah satunya dengan mengundang penyuluh agama. Untuk bisa hadir dalam kegiatan rapat koordinasi optimaliasi sinergitas Bhabinkamtibmas dan Penyuluh Agama.

BACA JUGA:PDI Perjuangan Ajukan 50 Bacaleg ke KPU, Targetkan 15 Kursi DPRD Indramayu

BACA JUGA:Lawan Timnas Indonesia U22 di Semifinal, Thailand Atau Vietnam?

“Kami perlu bantuan Penyuluh Agama Kemenag Indramayu untuk  bersama_sama memberikan sosialisasi. Guna menyadarkan masyarakat,”kata mantan Kasubdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Ditambahkannya, kesadaran masyarkat sangat penting dalam mengurangi tingkat kriminalitas. Ia akan terus melaksanakan kegiatan deteksi dini terkait pencegahan penyakit masyarakat.

 “Kegiatan rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Akan pentingnya memelihara kamtibmas dan pemecahan masalah yang berkembang di tengah masyarakat,”
pungkas pria murah senyum  yang sarat dengan prestasi dimana ia bertugas.

Secara terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Indramayu Drs. H. Moh. Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada jajaran Polres Indramayu di bawah kepemimpinan AKBP Dr. M. Fahri Siregar. Semenjak awal ia bertugas di Polres Indramayu, ia terus menjalin sinergitas kepada seluruh elemen masyarakat. Hal ini patut di contoh oleh jajaran Polres lain.

BACA JUGA:Nasdem Targetkan Minimal 8 Kursi Di Kabupaten Indramayu

BACA JUGA:Epson Memperkenalkan SurePress L-6534VW Tinta Oranye Jadi Lebih Kaya Warna Pada Label UV dan Industri Kemasan

Dia menjelaskan bahwa tugas Kemenag Indramayu yaitu pengawasan, bimbingan dan pembinaan. Seperti yang kemarin kami melakukan silaturahmi ke Mazhab Al-zaytun, meski kedatangannya disalah artikan dan viral.

Pihaknya juga akan mengundang Pak Kapolres, Dandim dan unsur lainnya. Untuk memberikan petunjuk dan arahan dalam rangka berkoordinasi terkait permasalahan yang terjadi di wilayah hukum Kabupaten  Indramayu."Kami akan terus berkordinasi dengan seluruh pihak. Terutama dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah,"ujarnya.

Dijelaskannya, agenda Kemenag dalam waktu dekat ini akan membangun asrama haji. Pihaknyak akan terus berkoordinasi dengan Polres Indramayu guna meminta bantuan keamanan."Kami siap mendukung apa yang menjadi program Polres Indramayu. Terkait
sinergitas antara penyuluh agama dengan pihak Polres Indramayu,"tegsnya.

BACA JUGA:Pertamina Tindak Tegas Penyelewengan Penjualan BBM Bersubsidi

BACA JUGA:BERINGAS! Begini Kronologi Aksi Sadis Geng Motor Bacok Polisi di Jalur Pantura Sukra.

Dalam rapat kordinasi tersebuti dihadiri oleh Kapolres AKBP Dr. M. Fahri Siregar, S.H., S.I.K., M.H., Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Drs. H. Moh. Mulyadi, M.M.Pd., Waka Polres Kompol Hamzah Badaru, S.I.K., PJU Polres Indramayu.

Ikut hadir  pula seluruh jajaran Kapolsek, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Se Polres Indramayu serta Penyuluh Agama dari masing-masing Kecamatan Se- Kab. Indramayu. (rilis/dun)

BACA JUGA:Lima Anggota Geng Motor Pembacok Polisi Berstatus Pelajar

BACA JUGA:Kualitas Pelayanan Publik Perlu Ditingkatkan, Ombudsman RI Berikan Pendampingan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: