Warga Winong Senang Menerima Sertifikat Tanah yang Dibagikan Menteri ART/BPN

Warga Winong Senang Menerima Sertifikat Tanah yang Dibagikan Menteri ART/BPN

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengunjungi Desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon sekaligus menyerahkan sertifikat tanah dan bangunan kepada warga Desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Selasa (9/5/2023).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID -Masyarakat Desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon merasa bahagia setelah menerima sertifikat tanah dan bangunan yang diberikan oleh Pemerintah.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, di Desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Selasa (9/5/2023).

Pantauan radarcirebon.com di lokasi, mantan panglima TNI ini mengunjungi dan melihat langsung kondisi Desa Winong. Kedatangan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto disambut gembira masyarakat setempat.

Tampak suasana keakraban antara masyarakat dengan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. Selain berdialog, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto juga berswafoto dengan masyarakat. Selanjutnya, menteri menyerahkan sertifikat tanah dan bangunan kepada masyarakat Desa Winong.

BACA JUGA:Produksi Terkendala Cuaca, Harga Garam Masih Tinggi, Rp5000 Sekilo

BACA JUGA:Bertahap, Layanan Kantor Cabang dan ATM BSI Kembali Pulih

Kepada sejumlah wartawan dan radarcirebon.com, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengaku bahagia bisa menyerahkan sebanyak 1.175 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) warga di Desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.

“Saya lihat tanah kas desa di Winong seluas 50,2 hektare ini sangat bagus. Buktinya, 1 hektare sawah bisa menghasilkan antara 8 sampai 10 ton dalam sekali panen. Ini kan luar biasa. Oleh karena itu, saya minta untuk dijaga supaya tidak disalahgunakan dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat,”ucapnya.

Hadi Tjahjanto mengatakan, seluruh masyarakat berhak memanfaatkan tanah kas desa tersebut melalui sistem lelang atau beauty contest yang digelar secara terbuka.

"Saya melihat masyarakat di desa ini sangat menikmati kehidupannya, karena antara tetangga satu satu dan tetangga lainnya sangat akrab.Tujuan saya datang ke desa ini selain melihat langsung kondisi Desa Winong, juga untuk menyerahkan langsung sertifikat dari program pemerintah yakni PTSL, saya yakin mereka juga bahagia karena sudah lama menunggu sertifikat PTSL ini,"katanya.

BACA JUGA:Siap-siap Masuk Asrama Haji, 2 Hari Lagi Pelunasan Biaya Haji

BACA JUGA:Kalahkan Tuan Rumah Kamboja, Tim Bola Voli Putra Raih Medali Emas SEA Games 2023

Menurut menteri, Desa Winong dinyatakan sudah lengkap, karena lahanya sudah disertfikatkan atau 100 persen sertifikat, sehingga tidak akan bisa diganggu mafia tanah.

"Dan desa ini sudah 100% di sertifikatkan sehingga bisa kita deklarasikan juga bahwa Desa Winong ini adalah sebagai desa lengkap karena seluruh tanah  sudah terdaftar dan tersertifikasi. Saya yakin kehidupan mereka (masyarakat) ke depan akan lebih maju lagi dan program pemerintah ini tentunya bertujuan untuk kehidupan rakyat yang lebih baik,”tuturnya.

Sementara itu, Zulfah (53) warga desa setempat kepada radarcirebon.com mengaku senang mendapat sertifikat dari pemerintah.

"Alhamdulillah senang sekali karena sudah bertahun-tahun saya menunggu akhirnya dapat juga sertifikat dari bapak menteri,"ujarnya. (rdh)

BACA JUGA:Dulu Bekerja di Luar Negeri, Para Mantan Pekerja Migran Sekarang Bisa Mandiri

BACA JUGA:KTT Ke 42 ASEAN, Jokowi Bahas Masalah Pemberantasan Perdagangan Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: