Dulu Bekerja di Luar Negeri, Para Mantan Pekerja Migran Sekarang Bisa Mandiri

Dulu Bekerja di Luar Negeri, Para Mantan Pekerja Migran Sekarang Bisa Mandiri

PMI Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu berhasil mengembangkan potensi lokal.-Utoyo Prie Achdi-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Kelompok Usaha dari Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu berhasil mengembangkan potensi lokal.

Mereka mampu membuat produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengolah daun teh Jinten menjadi sabun cuci, aneka olahan makanan dan minuman.

Di Disa Tinumpuk, khususnya di gang Jinten, sebagian masyarakat menanam tanaman Jinten di area pekarangan rumah, untuk memenuhi bahan produksi pembuatan teh Jinten.

Ide tersebut berawal dari sosok seorang purna PMI dari Desa Tinumpuk, Mutia yang merupakan Ketua kelompok usaha sekaligus ketua koordinasi Pe-Ri (Perempuan Berdikari) Kecamatan Juntinyuat.

BACA JUGA:Hasil Kunjungan DPRD Indramayu ke Kemenag RI, Embarkasi Haji Indramayu Siap Digunakan Mulai Tahun Ini

BACA JUGA:Usaha Konveksi Berharap Berkah Pemilu 2024

“Awalnya menanam satu batang daun Jinten hasil pemberian dari kenalannya di Luar Daerah yang saat itu sama-sama mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan di Jakarta”, ujar Mutia, Senin 8 Mei 2022.

Hal ini langsung diketahui Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Pentaker) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu

Herrsi Pramanik Suwita, saat melakukan Kunjungan Monitoring terhadap kelompok usaha pekerja purna migran program Pe-Ri pada 7 Maret 2023 lalu di desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat.

Setelah tumbuh banyak, akhirnya mutia mempunyai motivasi untuk membudidayakan tanaman jinten dan mengolahnya menjadi teh Jinten, dari jerih payahnya tersebut akhirnya produk teh Jinten dapat dikenal dan diterima dikalangan masyarakat Indramayu, bahkan diikutsertakan pada pameran produk UMKM di Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Sat Resnarkoba Polres Indramayu Amankan Satu Pemuda Pengedar Sabu

BACA JUGA:PKS Partai Pertama Ajukan Bacaleg ke KPU Indramayu, Pilih Tanggal 8 Sesuai Nomor Urut Partai

Melihat di sekeliling tempat tinggalnya banyak yang satu profesi yang dahulu sebagai purna PMI, Mutia mulai membentuk kelompok usaha bersama dengan beberapa tetangga untuk membudidayakan tanaman Jinten dipekarangan rumahnya masing-masing.

Kemudian ketika panen dan dikeringkan, hasilnya akan dibeli oleh kelompok usaha yang dibentuk oleh Mutia, sehingga masyarakat sekitar dapat menikmati hasilnya dengan adanya kelompok bersama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: