Akibat Kebakaran Rumah di Kalapagunung, Diperkitakan Kerugian sebesar Rp118 Juta

Akibat Kebakaran Rumah di Kalapagunung, Diperkitakan Kerugian sebesar Rp118 Juta

DIPADAMKAN: Petugas Damkar Kuningan melakukan pemadaman kebakaran yang melanda sebuah rumah warga di Desa Kalapagunung, Kecamatan Kramatmulya, Minggu (4/12) pagi. --

KUNINGAN, RADARINDRAMAYU.ID - Sebuah rumah di Desa Kalapagunung, Kecamatan Kramatmulya, terbakar diduga karena korsleting listrik, Minggu (4/12) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Iman, pemilik rumah tersebut mengalami kerugian materil hingga Rp118 juta.

Berdasarkan informasi dihimpun, kebakaran diketahui pertama oleh tiga ibu-ibu yang sedang ngobrol. Saat sedang asyik berbincang, mereka dikejutkan oleh bau asap dan saat melongok keluar ternyata terlihat api sudah berkobar dari atap rumah Iman.

Seketika ibu-ibu tersebut berhamburan keluar rumah dan berteriak minta tolong kepada para tetangga untuk memadamkan kebakaran rumah Iman tersebut. Warga pun kemudian berbondong-bondong memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Sambil menyiramkan air ke titik api, warga  berusaha memanggil-manggil pemilik rumah untuk keluar. Namun tidak ada jawaban, sehingga warga pun mendobrak pintu rumah Iman tersebut untuk memastikan keberadaan sang empunya rumah sekaligus melakukan pemadaman dari dalam.

BACA JUGA:Harga Gabah Ketan Anjlok

"Pemilik rumah ternyata sedang pergi keluar kota menengok anaknya. Warga sempat mengeluarkan beberapa perabotan dari rumah yang mungkin untuk diselamatkan, sambil berusaha memadamkan api dari dalam," ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti.

Namun, hingga setengah jam lebih upaya warga tersebut tak membuahkan hasil. Hingga akhirnya, warga berinisiatif menghubungi kantor Damkar Kuningan untuk meminta bantuan pemadaman.

"Setelah 45 menit kebakaran berlangsung, baru kami menerima laporan dari warga. Segera satu regu dengan kendaraan pemadam meluncur ke lokasi kejadian melakukan upaya pemadaman," ungkap Khadafi.

BACA JUGA:Gelar Pelatihan Kepemimpinan, Baher Gandeng BRIN

Setelah satu jam lebih upaya pemadaman, api pun akhirnya dinyatakan padam pada pukul 12.00 WIB. Seluruh bangunan rumah berikut sejumlah perabotan seperti lemari, kasur, kulkas dan televisi hangus terbakar. Ditaksir, kebakaran tersebut menyebabkan pemilik rumah mengalami kerugian materil hingga Rp118 juta.

"Dugaan kami, penyebab kebakaran ini dari korsleting listrik di ruang tengah rumah Pak Iman. Mungkin dari colokan listrik televisi mengalami korslet kemudian membakar perabotan di dekatnya lalu merembet hingga atap dan akhirnya membakar seluruh bangunan rumah," ungkap Khadafi.

BACA JUGA:Indramayu Art Festival (Inafest) di RTH Jatibarang, Lestarikan Kesenian Lokal, Dimeriahkan Maestro Seniman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: