Gandeng DLH, Garap Sampah di Pedesaan

Gandeng DLH, Garap Sampah di Pedesaan

KOLABORASI: Patriot Desa berkolaborasi dengan DLH dan pemdes saat sosialisasi pengolahan sampah di lingkungan pedesaan, belum lama ini.--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU- Patriot Desa Indramayu berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Indramayu, menggelar sosialisasi pengelolaan sampah di lingkungan pedesaan, Senin (8/8).

Bertempat di Aula DLH Indramayu, kegiatan Masyarakat Indramayu Berdaya (MIB) ini dihadiri komunitas dan kelompok swadaya masyarakat (KSM) bank sampah, fasilitator bidang lingkungan hidup, duta lingkungan teknik pengendalian pencemaran lingkungan (TPPL) 2022, UMKM Milenial Kabupaten Indramayu, dan komunitas lainnya yang bergerak di bidang lingkungan.

Pada kesempatan itu, Bidang Analisis Penyuluhan dan Layanan Informasi DLH Indramayu, Kusnadi SHut menyatakan, DLH siap berkolaborasi dengan KSM dan pemdes untuk mendukung penanganan masalah sampah di perdesaan.

Dijelaskan Kusnadi, metode yang dilakukan dalam pengelolaan sampah melalu program Gerakan Masyarakat Memilah Sampah Indramayu (Gemmesin).

BACA JUGA:Wujudkan Perempuan Berdikari, Program Peri, Sukses Latih Ratusan Purna PMI

“Selagi itu dapat mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Indramayu, kita akan dukung penuh penanganan sampah di pedesaan, dan kita punya program Gemmesin,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa (SSPMD) Patriot Desa Jawa Barat, Hilmi Hilmansyah sangat mengapresiasi adanya Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Indramayu No.12 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga di Kabupaten Indramayu.

Menurut Hilmi, adanya Perda itu, dapat menjadi pedoman seluruh lapisan masyarakat dalam hal bagaimana pengelolaan sampah yang tepat sesuai dengan metode dan teknik yang berwawasan lingkungan.
Selain itu penanganan permasalahan sampah bukan sebatas kewajiban pemerintah melainkan tanggung jawab semua pihak.

“Masyarakat semakin sadar akan peran dan tanggung jawabnya menjaga lingkungan, dan mengatasi persoalan sampah di lingkungan perdesaan yang menjadi lokasi khusus (lokus) Patriot Desa Indramayu TA. 2022,” paparnya.
Hilmi menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Indramayu Hj Nina Agustina Dai Bactiar yang peduli dalam penanganan sampah, dengan layanan Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta).

BACA JUGA:Sopir Mabuk Tabrak Balita hingga Tewas

Ia juga membuka ruang diskusi bagaimana pengelolaan sampah secara komprehensif agar memberikan dampam lingkungan, kesehatan dan ekonomi bagi masyarakat.

Patriot Desa Indramayu, sambung Hilmi, juga membuka ruang diskusi terhadap pentingnya pengelolaan sampah yang dilakukan secara komprehensif dari hulu sampai ke hilir agar memberikan dampak lingkungan, ekonomi, dan kesehatan bagi masyarakat.

“Semoga dengan tercipta kolaborasi antara semua pihak baik dari DLH, sampai pemerintah desa memberikan dampak pada lingkungan, untuk Indramayu Bermartabat,” tandasnya.

BACA JUGA:Jebol Tembok, Maling Kuras Toko di Desa Penpen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: