Gerakan Bersih-Bersih Sampah Pantai, Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Kawasan Pesisir

Gerakan Bersih-Bersih Sampah Pantai, Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Kawasan Pesisir

BERSIH-BERSIH PANTAI – Petugas dari DLH, Pemdes dan Satpol PP Kecamatan Patrol melaksanakan aksi bersih-bersih sampah dikawasan pesisir pantai Bugel, kemarin.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

PATROL, RADARINDRAMAYU.ID – Gerakan bersih-bersih sampah pantai digalakkan Pemerintah Kecamatan Patrol.  Aksi bersih-bersih itu dilakukan di sepanjang kawasan pesisir pantai Bugel.

Belasan petugas dari Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta pamong desa Sukahaji diterjunkan.

Sampah yang dikumpulkan lantas diangkut mobil dump truk dari DLH ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Camat Patrol, Rusyad Nurdin mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini sebagai bentuk respon pemerintah atas keprihatinan merebaknya sampah di kawasan pesisir pantura Bugel.

BACA JUGA:Asosiasi Kuwu Seluruh Indramayu (AKSI) Dukung Ady Sebagai Wakil Bupati

BACA JUGA:Kapolres Indramayu Pastikan Kesiapan Embarkasi Haji Indramayu, 80 Personal Siap Lakukan Pengamanan

Karena itu, pihaknya bersama sejumlah elemen melaksanakan aksi pembersihan sampah.

“Kami juga prihatin dengan kondisi ini. Mudah-mudahan dengan aksi bersih-bersih sampah ini dapat bermanfaat. Sekaligus bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama dalam menjaga kelestarian kawasan pesisir,” terang dia, kemarin.

Untuk itu, Camat Rusyad Nurdin mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi sampai dibuang ke sungai. Sebaliknya, masyarakat bisa mengolah sampah organik menjadi kompos dan memilah-milah sampah non organik untuk dilakukan daur ulang.

“Sampah di kawasan pantai ini merupakan sampah yang terbawa aliran sungai dari hulu hingga ke muara. Jadi pengelolaan sampah oleh masyarakat itu sangat penting. Supaya kawasan pantai tidak lagi kotor dan laut menjadi tercemar,” jelasnya.

Sementara itu, tokoh nelayan Desa Sukahaji, Abing memberikan apresiasi atas respon cepat Pemcam Patrol dengan melaksanakan bersih-bersih pantai. Ia juga beraharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara. (kho)

BACA JUGA:K.H. Syaerozi Bilal Resmi Jadi Ketua FKUB

BACA JUGA:10 Program Unggulan Ada di Pasar Rakyat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: