Disetujui DPR, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Segera Bermain Melawan Bahrain dan China

Disetujui DPR, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Segera Bermain Melawan Bahrain dan China

erick thohir dan mees hilgres-Erick Thohir Instagram-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Komisi III DPR RI akhirnya menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada dua calon pemain naturalisasi bagi timnas Indonesia Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Sebelumnya Ketua PSSI Erick Thohir menargetkan bahwa kedua pemain naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat bermain pada dua laga tandang putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C timnas Indonesia saat melawan Bahrain dan China pada Oktober.

Dua pemain yang bermain di Eredivisie Belanda itu, kata Erick, ditargetkan dapat menyelesaikan proses naturalisasinya dalam waktu dekat agar dapat didaftarkan pada rentang antara 20-24 September.

Hal ini dikatakan Erick saat ditemui awak media setelah dirinya menyaksikan final sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 antara DKI Jakarta melawan Jawa Barat di Stadion Mini Pancing, Deli Serdang, Sabtu (14/9).

BACA JUGA:Pilih Indonesia Ketimbang Belanda, Media Belanda Dibuat Heran Banyak Pemain Top Belanda Memilih Naturalisasi

"Tanggal 20 sampai 24 September kita masih ada waktu 4-5 hari untuk coba me-register," kata Erick.

"Karena kalau lewat dari tanggal 24 mereka tidak bisa main pada Oktober," tambahnya.

Erick juga mengatakan target ini setelah proses naturalisasi Mees dan Eliano sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, dan juga Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas.

Kepastian ini seusai Komisi III mengadakan rapat kerja dengan Menpora, Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo).

BACA JUGA:Tokoh Sepakbola Belanda yakin Timnas Indonesia Bermain di Piala Dunia 2026; Kita akan Melihat Mereka

Pada agenda ini juga dihadiri oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI, Vivin Cahyani Sungkono di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa (10/9).

"Hadirin yang berbahagia, dengan telah disetujuinya pertimbangan kewarganegaraan Indonesia kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, maka selesai sudah seluruh rangkaian kegiatan pada hari ini, rapat ini dapat kita akhiri, kami pimpinan Komisi III mengucapkan terima kasih,'' kata pimpinan rapat, Pangeran Khairul Saleh.

Mess Hilgers saat ini bermain di FC Twente, Belanda dan dengan tanggal lahir 13 Mei 2001, sedangkan Eliano Reijnders bermain di PEC Zwolle, Belanda, kelahiran 23 Oktober 2000.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada Komisi III DPR RI yang telah menyetujui proses kewarganegaraan kepada dua calon pemain timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

BACA JUGA:Skuad Garuda Lolos! Pengamat Menilai; Timnas Indonesia Akan Lolos Fase Keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rapat berlangsung cepat Kami menargetkan bisa di Oktober. Tapi, targetnya ini, satu Oktober ada peralihan kepemimpinan di DPR, semoga nanti semangatnya masih sama dan saya yakin masih sama,'' kata Menpora, Dito Ariotedjo.

Setelah ini, proses naturalisasi berlanjut ke rapat kerja dengan Komisi X DPR yang akan dimulai pukul 15.00 WIB. Lalu ke paripurna DPR, dan berlanjut ke Keputusan Presiden (Keppres).

Dari situ, tahap terakhirnya adalah diambil sumpah kewarganegaraan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Usai menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), baru melakukan perpindahan federasi.

Dengan keputusan DPR ini banyak yang berharap Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa segera bermain melawan Bahrain dan China di kualifikasi pildun Oktober mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: