Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di UPTD SDN 4 Margadadi

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di UPTD SDN 4 Margadadi

RADARINDRAMAYU.ID - UPTD SDN 4 Margadadi menyambut hangat para peserta didik baru dengan menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang penuh keceriaan dan semangat. 

Kegiatan MPLS berlangsung selama tiga hari ini, dari tanggal 15 hingga 18, Juli 2024, untuk siswa kelas 2-6, dan tujuh hari untuk kelas 1.

Diisi dengan berbagai kegiatan menarik yang bertujuan untuk membantu para siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

Pada hari pertama, para siswa baru disambut dengan upacara pembukaan yang meriah. 

BACA JUGA:Keren, Layanan Kesehatan Haji Indonesia Dapat Apresiasi dari Saudi

Kemudian, mereka mengikuti berbagai kegiatan seperti pengenalan profil sekolah, tata tertib sekolah, dan materi pembelajaran. 

Para siswa juga diajak untuk mengikuti permainan dan ice breaking untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan.

Wali Kelas 1, Kamaliana, S. Pd.I, menyampaikan terkait kesiapannya menghadapi kedatangan siswa. 

Ia mengungkapkan beberapa hal terkait penataan ruang kelas, dan upaya untuk saling mengenal dalam satu minggu.

"Semenjak liburan, sudah setiap hari ke sekolah persiapan dari administrasi, kelas, penataan meja kursi semuanya sudah disiapkan dari liburan, kalau jumlah muridnya sekian berarti meja kursinya juga harus kita siapkan agar tercukupi. Kemudian, karena masih pengenalan, kelas 1 menggunakan name tag," ujar Kamaliana, kepada Radar Indramayu (15/7/2024).

BACA JUGA:Badai Magnetik Landa Bumi dalam Beberapa Hari Terakhir, Begini Penjelasan BMKG

Biasanya, terdapat kendala dalam mengatur tempat duduk bagi siswa kelas 1. Namun, Kamaliana memiliki solusi tepat untuk mengatasi ini.

"Karena sebelumnya sudah ada yang bertanya di grup WhatsApp (terkait pembagian meja kursi) kemudian sudah saya jelaskan di situ bahwa untuk tempat duduk dan teman duduk, untuk hari pertama boleh pilih bebas, tapi nanti kita ada jadwal rolling tempat duduk dan posisi duduknya, supaya semua merasakan pernah duduk di depan, belakang, tengah, agar saling kenal," ucapnya. 

Kemudian, Kamaliana memberi tahu Radar Indramayu bahwa hingga satu minggu ke depan akan terus berupaya mengenalkan sekolah kepada para siswa kelas 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: