TMMD 2023 di Desa Cikawung Kecamatan Terisi, Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat

TMMD 2023 di Desa Cikawung Kecamatan Terisi,  Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Pembukaan TMMD 2023 digelar di Desa Cikawung Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu-UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2023 dilaksanakan di Desa Cikawung Kecamatan Terisi. Selama 30 hari, desa tersebut disulap dengan percepatan pembangunan fisik dan non fisik secara lintas sektoral.

TMMD tahun 2023 ini mengangkat tema ‘Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat’.

Bertempat di lapangan sepak bola Desa Cikawung, Penjabat Sekda Kabupaten Indramayu, Aep Surahman secara resmi membuka kegiatan yang akan berlangsung selama satu bulan tersebut, Rabu 20 Septermber 2023.

Acara pembukaan ditandai dengan penyerahan alat kerja serta penandatanganan dan penyerahan berita acara sasaran program TMMD tahun 2023 dari Bupati Indramayu melalui Penjabat Sekda kepada Dandim 0616/Indramayu, Letkol Arm Andang Radianto SAP.

BACA JUGA:Jadwal Timnas Indonesia U-24 Hari Ini Melawan Chinese Taipei : Menang dan Lolos!

BACA JUGA:Bocah 4 Tahun Diduga Dicabuli Oknum Pamong Desa hingga Alami Trauma Berat

Hadir dan menyaksikan, Kapoksahli Pangdam III/SLW Brigjen TNI Kuat Budiman, Komandan Korem 063/SGJ, Kolonel Inf Andi Asmara Dewa. Jajaran Forkopimda Indramayu beserta kepala SKPD, pimpinan BUMN/BUMD, Forkopimcam Terisi serta para kepala UPTD/B dan Kuwu se-Kecamatan Terisi.

Dalam acara itu pula diserahkan bantuan sebesar Rp500 juta dari Pemprov Jabar kepada Pemkab Indramayu. Kemudian pemberian bantuan sosial kepada para veteran, jompo serta kaum dhuafa. Kemudian dilaksanakan peninjauan stan pelayanan umum dan UMKM serta lokasi sasaran TMMD.

Dalam laporannya, Dandim 0616/Indramayu sekaligus Dansatgas TMMD, Letkol Arm Andang Radianto menyebutkan, kegiatan TMMD serta Karya Bhakti dilaksanakan selama 30 hari sampai dengan 19 Oktober 2023 mendatang.

Personil yang dilibatkan yakni 150 anggota TNI dibantu unsur pendukung dari masyarakat, wanra, pemdes dan KBT sejumlah 100 orang.

BACA JUGA:Bulog dan Pemkab Indramayu Pastikan Kualitas Beras Bantuan Pangan

BACA JUGA:Gercep Cairkan Simpanan Nasabah, LPS Siapkan Rp82,77 Miliar untuk Pembayaran Klaim Tahap I Perumda BPR KR

“Sasaran TMMD ini terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik terbagi menjadi dua sasaran, yakni sasaran pokok dan sasaran tambahan,” kata dia.

Sasaran pokok antara lain berupa pembangunan jalan beton, jalan hotmix, TPT sampai pembangunan drainase. Sementara untuk sasaran tambahan yaitu diantaranya pembangunan Poskamling, PJU, tempat sampah, rutilahu dan pembuatan MCK.

Sedangkan kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan berupa rehab gedung SMPN 4 Terisi.

Andang Radianto menambahkan sasaran non fisik diakomodir oleh SKPD terkait yang ada di jajaran Pemda Indramayu terdiri dari 13 sasaran. Diantaranya bantuan bibit tanaman holtikultura, sarana olahraga, benih ikan hingga beragam pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat.

BACA JUGA:ASYIK! Program Bebas BBN dan Diskon Pajak Kendaraan Bermotor Diperpanjang, Cek Tanggal dan Syaratnya

BACA JUGA:Truk Trailer Bermuatan Barang Elektronik Terguling, Jalan Bypass Sempat Macet

“Kegiatan ini melibatkan semua lintas sektoral. Wujud kemanunggalan TNI dan rakyat. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, infrastruktur meningkat dan bersinerginya semua elemen untuk membangun Kabupaten Indramayu,” terangnya.

Sementara itu Bupati Indramayu, Nina Agustina dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekda Kabupaten Indramayu Aep Surahman memberikan apresiasi atas terselenggaranya TMMD di Desa Cikawung.

Dijelaskan, program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral yang dilaksanakan secara gotong-royong bukan hanya domain dari TNI saja.

Karena itu, Bupati Nina Agustina berpesan, agar dalam pelaksanaannya semua stakeholder mulai dari jajaran TNI, Pemda, Muspika, Kuwu, perangkat desa dan elemen masyarakat agar dapat bersinergi bersama-sama membangun desa.

BACA JUGA:Usung Tema Tropical Beach Party, Ribuan Biker Maxi Yamaha Nikmati Camping di Pinggir Pantai

“Pelaksanaan program TMMD tahun 2023 ini merupakan bagian sinergitas dan kolaborasi semua stakeholder dalam berpartisipasi mewujudkan Indramayu yang bersih, religius, maju, adil, makmur dan hebat atau Indramayu Bermartabat,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: