Soal Pergantian Mendadak Jabatan Ketua, Ini Tanggapan Bawaslu Indramayu

Soal Pergantian Mendadak Jabatan Ketua, Ini Tanggapan Bawaslu Indramayu

Bawaslu-ist-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Pergantian jabatan ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu mengguncang publik Bumi Wiralodra. Menjadi sorotan banyak pihak.

Bukan tanpa sebab. Pergantian posisi Supriadi, sebagai ketua Bawaslu Indramayu periode 2023-2028 dilakukan secara mendadak. Ditengah ekskalasi politik menjelang Pemilu 2024 yang makin meningkat.

Terlebih, umur jabatan Supriadi baru seumur jagung.

Ia terpilih menjadi ketua Bawaslu terhitung sejak Minggu, 20 Agustus 2023 kemarin. Lalu diganti pada Rabu, 23 Agustus 2023. Terhitung sangat cepat.

 BACA JUGA:KLHK Perkuat Kolaborasi Pembangunan Ekonomi Inklusif Bagi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial

BACA JUGA:Rokok Ilegal Tanpa Cukai Marak Di Haurgeulis

Tak sampai seminggu. Satu-satunya petahana Bawaslu Indramayu periode 2018-2023 atau orang lama itu hanya menjabat selama empat hari.

Sebagai gantinya, pucuk pimpinan lembaga pengawas Pemilu di Kota Mangga itu mempercayakan Ahmad Tabroni. Orang baru di belantika per-Bawaslu-an.

Karuan saja, pergantian ini ramai mengundang tanya.

Bawaslu Indramayu pun akhirnya angkat bicara soal pergantian mendadak jabatan ketua tersebut.

BACA JUGA:Hari Ini Masjid Syarif Abdurrahman Akan Diresmikan Oleh Wapres Maruf Amin di Astana Gunungjati

BACA JUGA:Momen Pilgub Jawa Barat, Desi Ratnasari Maju dan Tunggu 'Dikawin' Cagub Lain

Ketua Bawaslu Indramayu hasil pleno ulang, Ahmad Tabrani menyatakan, tidak ada yang luar biasa dalam pergantian tersebut. “Tidak ada yang luar biasa. Ini sifatnya biasa kok,” ucapnya saat dihubungi Radar, Jumat (25/8).

Menurut dia, mekanisme pergantian tersebut telah dilakukan secara prosedur, lewat rapat pleno. Sesuai pula dengan regulasi dalam Peraturan Bawaslu (Perbawaslu).

Pada rapat pleno ulang itu, diikuti oleh semua pimpinan Bawaslu yang berjumlah lima orang. Selain dirinya, ada Supriadi, Dede Irawan, Ivan Sagito dan Mohamad Saprudin.

Rapat pleno dipimpin langsung oleh Supriadi. Mereka kemudian bermusyarawah dan bermufakat untuk melakukan pergantian jabatan ketua serta penanggungjawab atau koordinator divisi.

BACA JUGA:Verrell Bramasta: 3 Hari Tidak Mandi Karena Sakit

BACA JUGA:Pertagas Gelar Pelatihan Pembuatan Konten Bagi Pemuda di Sekitar Pantai Rembat

“Yang menjadi sorotan kan hanya soal pergantian ketuanya. Padahal, dalam pleno itu kita juga melakukan perubahan susunan koordinator divisi. Ini untuk menyesuaikan dengan kompetensi masing-masing pimpinan. Jadi ya gak ada yang luar biasa sebenarnya,” terang dia.

Ahmad Tabrani menegaskan, sampai dengan saat ini internal Bawaslu tetap solid dan kompak. Seluruh pimpinan Bawaslu memiliki tanggungjawab sesuai dengan peran dan fungsinya untuk mensukseskan tugas pengawasan tahapan Pemilu 2024.

Setiap keputusan tetap dilakukan secara kolektif kolegial atau dengan mengedepankan semangat kebersamaan.

“Berbeda posisi tapi sejajar. Setiap keputusan dilakukan secara kolektif kolegial. Masing-masing pimpinan Bawaslu memiliki tanggungjawab yang sama untuk melaksanakan tupoksinya demi suksesnya Pemilu 2024,” tegas dia.

BACA JUGA:STKIP Segeran Siap Berubah Menjadi Institut Pangeran Dharma Kusuma (Padhaku), Buka Fakultas Teknik

BACA JUGA:Camat di Indramayu Diminta Ngantor di Pintu Air, Demi Amankan Distribusi Air

Dia menambahkan, pasca pelantikan, Bawaslu Indramayu memiliki pekerjaan rumah sangat besar. Sampai dengan lima tahun kedepan. Sehingga harmonisasi dan sinergitas internal maupun eksternal harus dapat terjaga.

Pihaknyapun memberikan apresiasi atas perhatian publik terhadap Bawaslu Indramayu. Termasuk dari rekan-rekan media.

“Saat ini masa transisi. kami masih terus melakukan konsolidasi internal dulu dan kemudian antar lembaga. Butuh waktu. Tapi dalam waktu dekat ini, kita akan mengundang teman-teman Panwascam untuk kordinasi dan konsolidasi. Mohon dukungan dan doa semuanya, semoga kami bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (kho)

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Bantai Thailand dan Lolos ke Final Piala AFF U-23

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: