Tingkatkan Pemahaman Pilkada, Bawaslu  Gelar Pendidikan Pengawas Partisipatif Bagi Mahasiswa

Tingkatkan Pemahaman Pilkada, Bawaslu  Gelar Pendidikan Pengawas Partisipatif Bagi Mahasiswa

PARTISIPATIF: Bawaslu Kabupaten Indramayu sedang memberikan pendidikan pengawasan partisipatif bagi mahasiswa, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Untuk meningkatkan pemahaman pengawasan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Indramayu kepada para mahasiswa, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan pendidikan pengawasan partisipatif.

"Kami sosialisasikan mekanisme dan aturan terkait dengan proses pengawasan pilkada dan proses penanganan pelanggaran kepada para mahasiswa," ucap kordiv Pencehagan, Parmas dan Humas Bawaslu Indramayu, Supriadi, Kamis (10/10/2024).

Disampaikan, Supriadi kegiatan Pendidikan Pengawas Partisipatif tahun 2024 di laksanakan selama dua hari kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan program dan strategi Bawaslu dalam pengawasan dan penanganan pelanggaran di tahapan pilkada 2024 sehingga dapat meningkatkan pemahaman serta partisipasi masyarakat khususnya mahasiswa dalam pengawasan pilkada 2024.

"Sebagai sarana pendidikan bagi mahasiswa agar lebih memahami mekanisme pengawasan dan penanganan pelanggaran yang ada dibawaslu, serta untuk Menciptakan aktor-aktor dan kader Penggerak Pengawasan secara Partisipatif," ujarnya.

BACA JUGA:Ketum PSSI Buka Suara Soal Rumor Naturalisasi Kevin Diks, Begini Jawabannya..

Kegiatan berlangsung selama dua hari di isi dengan penyampaian Materi Oleh para Narasumber lalu didiskusikan dalam Kelompok kecil yang telah dibagi.

Kegiatan diakhiri dengan deklarasi mahasiswa Indramayu yang merupakan perwakilan dari organisasi kemahasiswaan Cipayung plus yaitu HMI, PMII, GMNI dan KAMMI untuk berkomitmen mengawal demokrasi elektoral pilkada Indramayu 2024 yang berkualitas.

"Kemudian mensuport Bawaslu Indramayu dalam melakukan pencegahan, pengawasan, dan penanganan pelanggaran serta penyelesaian sengketa, turut terlibat aktif menjadi bagian dari pengawasan partisipatif baik pengawasan langsung maupun pengawasan Siber dan siap untuk melaporkan ke Bawaslu jika menemukan dugaan pelanggaran," kata Supriadi. (oni)

BACA JUGA:STY Bawa Kabar Baik Jelang Laga Lawan Bahrain, '100 Persen Maarten Paes Akan Bermain Lawan Bahrain'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: