PertaLife Insurance Gelar Inklusi dan Literarasi di Universitas Wiralodra Indramayu

PertaLife Insurance Gelar Inklusi dan Literarasi di Universitas Wiralodra Indramayu

PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) melalui program PertaLife Goes To Campus menyelenggarakan seminar dengan tema “Inklusi dan Literasi Keuangan”, yang diikuti mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu-UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Sebagai upaya untuk terus mendukung peningkatan literasi keuangan di
lingkungan masyarakat termasuk mahasiswa, PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) melalui program PertaLife Goes To Campus menyelenggarakan seminar dengan tema “Inklusi dan Literasi Keuangan”, yang diikuti mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu, di Aula Keysha lantai 2, hotel Wiwi Perkasa 2 Jl. Di Panjaitan No.44, Karanganyar, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Senin 5 Juni 2023.

Department Head of Client Service PertaLife Insurance, Larmo mengatakan bahwa peningkatan literasi dan inklusi keuangan termasuk perencanaan dan penggunaan keuangan, perlu dikenalkan
kepada mahasiswa.

Literasi keuangan berpengaruh terhadap mahasiswa dalam mengelola keuangan. Semakin tinggi pengetahuan serta kemampuan mahasiswa dalam mengelola keuangan, mahasiswa akan bijak dalam mengambil keputusan finansial, mengetahui bagaimana mengelola uang yang baik, serta paham cara mengatur risiko keuangan dalam investasi, serta memahami penggunaan financial technology (fintech) agar terhindar dari pinjaman atau investasi legal yang saat ini marak terjadi.

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03%.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional JBB Salurkan Perdana Produk B35

BACA JUGA:Tiket Timnas Indonesia vs Argentina Mulai Dijual Hari Ini. Cek Persyaratannya

Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10% meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 %.

Hal tersebut menunjukkan gap antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,16 % di tahun 2019 menjadi 35,42 % di tahun 2022.

“Kegiatan seminar ini adalah komitmen PertaLife Insurance sebagai perusahaan asuransi jiwa yang telah 38 tahun eksis di perasuaransian nasional untuk meningkatkan partisipasi aktif  terhadap literasi asuransi di masyarakat Indonesia sebagaimana diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jika masyarakat termasuk mahasiswa paham tentang perencanaan keuangan tentu akan turut serta membangun ekonomi yang tangguh dan siap menghadapi kondisi apapun” Kata Larmo.

Sementara itu Fitria Damayanti SE MM selaku dekan Fakultas Ekonomi Universitas Wiralodra, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif yang telah dilakukan PertaLife Insurance yang memberikan knowledge tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan.

BACA JUGA:KEREN!! Ekskul Jurnalistik Smanja Sabet Juara 3 Reels Pancasila Tercinta Tingkat Jawa Barat

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Polres Indramayu. Setiap Senin Ada di Pasar Patrol

“Melalui seminar ini mahasiswa akan lebih paham tentang pentingnya perencanaan keuangan bagi generasi muda, sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk bisa mempersiapkan diri menghadapi segala kondisi. Dengan demikian generasi muda ini akan berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi dan siap bila terjadi resesi” kata Fitria Damayanti SE MM.

Corporate Communication PertaLife Insurance, Kuntoro mengatakan bahwa PertaLife Goes To Campus ini merupakan rangkaian dari kegiatan menjelang 38 tahun PertaLife insurance yang jatuh pada 28 Juni 2023.

Selain seminar Literasi dan Inklusi di Universitas Wiralodra, kegiatan ini juga diselenggarakan di beberapa Universitas dikota Lainnya seperti Medan, Surabaya, Semarang dan Cilacap.

Selain itu juga dilakukan talkshow di radio-radio dengan materi tentang pentingnya mempersiapkan masa depan melalui produk-produk PertaLife Insurance yaitu asuransi kesehatan serta pengelolaan dana pensiun.

BACA JUGA:Polres Indramayu Perkuat Sinergitas Hadapi Pemilu 2024

BACA JUGA:DPD Partai NasDem Indramayu Tolak Keputusan DPW Jabar Terkait Nomor Urut Caleg

Tentang PertaLife Insurance

PT Perta Life Insurance merupakan Perusahaan Asuransi Jiwa nasional Indonesia yang sebelumnya bernama PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, berdiri pada 28 Juni 1985 berdasarkan PKR No.23 RUPS Luar Biasa tanggal 24 November 2021, dan persetujuan Kemenkumham No. AHU –  0067923.AH.01.02.Tahun 2021, tanggal 29 November 2021, dan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. Kep-881/NB.11/2021 tanggal 28 Desember 2021, berubah nama menjadi PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance).

“Care, Commit, Agile” menjadi motivasi besar bagi PertaLife Insurance untuk melakukan literasi asuransi dengan menawarkan beragam produk perlindungan, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK) melalui jalur distribusi Captive, Corporate, Agency, dan DPLK yang terpercaya dan menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

DPLK Tugu Mandiri (proses perubahan menjadi DPLK PertaLife Insurance) didirikan pada tahun 1993 dan dikenal sebagai salah satu pionir program Dana Pensiun yang memiliki reputasi serta komitmen pelayanan yang terbaik di Indonesia.

Pada April 2011 DPLK Tugu Mandiri telah memiliki sertifikasi ISO 9001:2008 tentang Kualitas Layanan Mutu, dan pada bulan April 2017 kembali memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 tentang Pension and Fund Management Services.

BACA JUGA:DPD Partai NasDem Indramayu Tolak Keputusan DPW Jabar Terkait Nomor Urut Caleg

BACA JUGA:Nina Agustina Ajak Menangkan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: