Gara-gara Bank BTN, Kaum Milenial Ini Tunda Akad Nikah Demi Akad Rumah

Gara-gara Bank BTN, Kaum Milenial Ini Tunda Akad Nikah Demi Akad Rumah

Bank BTN kembali membiayai pembangunan rumah bersubsidi Graha Alana 3 Indramayu, Jawa Barat-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU,ID -- Program rumah bersubsidi dari pemerintah disambut antusias masyarakat. Bahkan fakta di lapangan, banyak juga kalangan anak muda (milenial) yang tertarik untuk membeli rumah dengan harga murah, yang disubsidi pemerintah. Kenapa mereka memilih mendahulukan akad rumah dibandingkan akad nikah?

Mungkin kelihatannya aneh. Belum nikah tapi sudah membeli rumah. Padahal dia kan masih bisa tinggal dengan orangtua. Pemikiran seperti itu tampaknya mulai berubah. Anak-anak muda sekarang atau anak milenial, ternyata pemikirannya jauh lebih matang. Terutama mereka yang telah memiliki penghasilan. Mereka banyak yang sudah berpikir jauh ke depan. Bahkan berpikir investasi untuk masa depan.

Ici Darningsih adalah salah satu anak muda yang sudah berpikir jauh ke depan. Bekerja sebagai staf administrasi di sebuah kantor swasta di Indramayu, ia saat ini sudah memiliki rumah. “Gak apalah, akad rumah dahulu, akad nikah kemudian,” ungkapnya bercanda.

Ia mengambil keputusan untuk membeli rumah, saat ada program rumah bersubsidi KPR BTN dari pemerintah tahun lalu. Ia mengambil rumah KPR BTN Griya Bahari Indah Indramayu. Dengan uang tanda jadi “akad rumah” sebesar Rp19 juta, ia bisa memiliki rumah bersubsidi yang saat itu harganya Rp130 juta.

BACA JUGA:Bank BTN Terus Komitmen Bantu Pemerintah Dalam Penyediaan Rumah Bersubsidi

BACA JUGA:Awas Ada Operasi Keselamatan Lodaya 2023 ! Patuhi Aturan Berlalulintas Ya..

Untuk pembayaran angsuran rumah, ia hanya setor sekitar 800 ribuan per bulan ke Bank BTN, dalam jangka waktu 20 tahun. Ia memutuskan untuk membeli rumah, dengan alasan untuk investasi. Karena harga rumah setiap tahun dipastikan semakin mahal.

Saat ini rumahnya memang belum ia tempati, dan dimanfaatkan sebagai tempat kost. “Lumayan. Bisa menghasilkan pendapatan untuk menutup angsuran,” ujarnya, Senin, 6 Februari 2023.   

Anak muda lainnya, Handika Rahman, juga mengaku kepikiran untuk membeli rumah ketika ada program rumah bersubsidi dari pemerintah, melalui Bank BTN. Selain harganya murah, tuturnya, prosesnya juga cukup mudah. Jomblo 25 tahun yang bekerja sebagai jurnalis online sebuah media nasional ini mengungkapkan, membeli rumah merupakan investasi tepat.

“Daripada setiap bulan bayar kost dan selamanya tidak memiliki rumah, lebih baik setiap bulan bayar angsuran dan sudah memiliki rumah. Lagian, siapa tahu setelah membeli rumah, jodoh akan datang,” ungkapnya sambil tertawa.

Sebelum memiliki rumah sendiri, pemuda asal Cirebon ini ngekost di Indramayu. Sekarang ia pun tidak lagi bayar kos. Cukup bayar angsuran rumah ke BTN Syariah sebesar Rp1,1 juta per bulan, yang ia ambil dari uang gaji.

Ia memilih mengambil rumah bersubsidi di Perumahan Pesona Citra Residence (PCR) di Desa Tambak Kecamatan/Kabupaten Indramayu. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota.

Perumahan ini memang termasuk salah satu perumahan bersubsidi percontohan tingkat nasional, untuk program subsidi BP2BT (Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan) yang bekerjasama dengan Kementerian PUPR.

BACA JUGA:Polisi Kembali Tangkap 5 Pelaku Begal. Miris, Pelakunya Masih Anak-Anak dan Pelajar

Sementara Branch Consumer Lending Head BTN Cabang Cirebon, Warnady mengungkapkan, minat masyarakat untuk mendapatkan rumah subsidi memang sangat tinggi.

BTN Cabang Cirebon, yang membawahi wilayah Kota/Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Majalengka dan Kuningan berhasil melampaui target pengadaan rumah subsidi pada tahun 2022 ini. Dari target sebanyak 3.676 unit rumah, realisasinya mencapai 4.410 unit.

Warnady mengungkapkan, keberhasilan ini tentu tidak terlepas berkat kepercayaan para pengembang terhadap Bank BTN yang tak pernah luntur. BTN Cabang Cirebon saat ini memiliki mitra lebih dari 150 pengembang. Bahkan belakangan juga banyak pengembang baru yang mengajukan pembiayaan ke BTN. Kemitraan yang baik dengan pengembang, kata Warnady, merupakan kunci utama untuk mencapai target pengadaan rumah.

Selain manjalin hubungan baik dengan pengembang, Bank BTN saat ini juga menyasar kaum milenial sebagai calon konsumen. Untuk menggaet kaum milenial, Bank BTN saat ini sudah memiliki aplikasi BTN Mobil yang bisa diunduh di playstore. Aplikasi ini tentu sangat memudahkan kaum milenial untk transasksi apapun.(oet)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: