PDIP Jabar Siap Kawal Percepatan Pembentukan Kabupaten Inbar

PDIP Jabar Siap Kawal Percepatan Pembentukan Kabupaten Inbar

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono ST--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID  - DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Jawa Barat siap mengawal percepatan pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar).

Komitmen itu kembali ditegaskan ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono ST saat menghadiri kegiatan Gerakan Hidup Sehat menyeramarakkan HUT ke-50 PDIP dan memperingati HUT ketua umum Megawati Soekarno Putri di Tugu Patung Sanca (TPS) Kecamatan Gantar, Senin (23/1).

“PDIP Jabar konsisten sekali untuk terus mengawal rencana pemekaran daerah kabupaten maupun kota di Jawa Barat,” tegas dia.

Komitmen serta konsistensi ini, lanjut dia, diwujudkan dengan rencana menggelar Dialog Publik Mengawal CDPOB di Jawa Barat pada, Selasa (24/1).

BACA JUGA:Pemilih Pemilu 2024, Jumlah Janda Lebih Banyak Dibanding Duda

Selain Paguyuban Masyarakat Indramayu Barat (PMIB). Acara bertempat di sekretariat DPD PDIP Jabar Jalan Pelajar Pejuang 45 No 1 Lingkar Selatan, Bandung itu juga mengundang 7 perwakilan Forum CDPOB se-Jawa Barat lainnya.

Antara lain, Presidium Garut Selatan, Tasikmalaya Selatan, Sukabumi Utara, Bogor Timur, Garut Utara, Forum Cianjur Selatan dan KPPK Bogor Barat.

DPD PDIP Jabar juga mengundang semua legislator yang duduk di Fraksi PDIP DPR RI Dapil Jabar, Pimpinan Fraksi PDIP DPRD Jabar, ketua dan anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat. Ditambah dari pihak eksekutif Kabag Biro Pemotda Pemprov Jabar dan akademisi dari Injabar Universitas Padjajaran Bandung.

Acara tersebut, ungkap Ono Surono, bertujuan untuk bersama-sama mendiskusikan serta menyusun langkah-langkah yang harus dipersiapkan agar percepatan pemekaran daerah di Jawa Barat secepatnya terwujud. Termasuk di Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Ini Rahasia Agar Berumur Panjang, Simak Penjelasannya

Sebab saat ini, moratorium pemekaran daerah belum dicabut pemerintah pusat terkecuali untuk Papua.

“Makanya harus dipersiapkan langkah-langkah kedepan apa saja yang harus dilakukan. Termasuk lobi-lobi dan sikap-sikap politik yang disuarakan ke tingkat pusat. Sehingga terjadi percepatan pemekaran di Jawa Barat yang sudah diusulkan sebagai CDPOB supaya segera menjadi kabupaten kota baru,” terang dia.

Menurut anggota DPR RI dari dapil Indramayu dan Cirebon ini, pemekaran kabupaten/kota di Jawa Barat dinilai mendesak. Demi peningkatan dan pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Mempercepat pembangunan daerah serta menunjang pemerataan anggaran ke daerah.

Sementara saat ini Jabar yang memiliki jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa hanya memiliki 27 kabupaten/kota. Jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan daerah lain, seperti Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kondisi ini membuat banyak permasalahan yang belum bisa terselesaikan baik dibidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: