Ono Surono ST Menjadi Indikator Penilaian, Dorong Benahi Infrastruktur Wilayah Inbar

 Ono Surono ST Menjadi Indikator Penilaian, Dorong Benahi Infrastruktur Wilayah Inbar

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono ST --

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus mengawal percepatan pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar).

Komitmen itu kembali ditegaskan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono ST saat Safari Ramadhan di Kecamatan Bongas, kemarin.

“PDIP berkomitmen dan konsisten untuk terus mengawal rencana pemekaran daerah di Jawa Barat hingga terwujud,” tegas dia.

Seiring dengan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Indramayu diminta untuk memasifkan pembenahan infrastruktur maupun pelayanan dasar di wilayah CDPOB Kabupaten Inbar.

BACA JUGA:Jelang Mudik, Segera Tutup U-Turn Ilegal Sepanjang Jalur Pantura

BACA JUGA:Rapat Penetapan DPS Pemilu 2024 Berjalan Alot

Tersedianya fasilitas yang memadai diwilayah pemekaran akan menjadi salah satu penilaian oleh Pemerinta Pusat apakah sebuah daerah menjadi prirotas atau tidak prioritas untuk dimekarkan.

Sebab pemerintah pusat memiliki indikator-indikator tersendiri berdasarkan kelengkapan sarana prasarana, kajian fiskal maupun juga penataan daerahnya.

“Ditingkat pusat itu ada skoring yang harus di up berdasarkan infrastruktur yang sudah dibangun diwilayah CDPOB baik oleh pemerintah provinsi maupun Kabupaten Induk. Jadi tidak bisa pemerintah pusat langsung mekar, pada saat disini belum ada infrastrukturnya. Kantor bupatinya dimana, kantor dinas dimana, lahannya saja belum ada,” terang dia.

Sejauh ini, sebut dia, dari 8 CDPOB di Jawa Barat hampir semua Pemkab memiliki komitmen untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur diwilayah pemekaran. Akselerasi itu dilakukan supaya daerah yang dimekarkan tidak timpang antara induk dan yang dimekarkan.

BACA JUGA:KPU Indramayu Tetapkan Daftar Pemilih Sementara untuk Pemilu Tahun 2024

BACA JUGA:Ratusan Warga Perbatasan Dapat Bantuan Sembako Gratis

Terkecuali Kabupaten Indramayu. “Indramayu belum. Harapannya teman-teman DPRD sekaligus Bupati Indramayu sudah harus mengalokasikan anggaran untuk tahun-tahun berikutnya supaya terjadi percepatan diwilayah Inbar. Dari provinsi mestinya juga ada, tapi kita belum lihat. Makanya kita juga dorong teman-teman di DPRD Jabar untuk mulai menganggarkan untuk tahun 2024 nanti,” jelasnya.

BACA JUGA:Bupati Nina Canangkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: