Panwascam Sukagumiwang Gelar Tes Wawancara Bagi Ratusan Calon Pengawas TPS

Panwascam Sukagumiwang Gelar Tes Wawancara Bagi Ratusan Calon Pengawas TPS

SELEKSI: Komisoner Panwascam Sukagumiwang sedang mewawancarai calon Pengawas TPS pada tahap seleksi wawancara, Sabtu (19/10/2024).-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM – Panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) Sukagumiwang menggelar tes wawancara bagi ratusan calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), Sabtu (19/10/2024).

Pada sesi wawancara yang merupakan tahap akhir seleksi Pengawas TPS, terdapat 110 pendaftar yang lolos seleksi administrasi berkas mengikuti di wawancara terkait pengetahuan mereka terhadap proses pemilu, pengawasan, sampai dengan seberapa jauh mereka memahami tugasnya sebagai Pengawas TPS.

Ketua Panwascam Sukagumiwang Udrus Firmansyah SE didampingi Staf SDM Robby Hamidi SPdI mengatakan kebutuhan Pengawas TPS di Kecamatan Sukagumiwang pihaknya membutuhkan 50 orang berdasarkan jumlah TPS untuk Pilkada serentak di Kabupaten Indramayu, hasil seleksi pemberkasan dari jumlah pelamar Pengawas TPS di Kecamatan Sukagumiwang sebanyak 116 orang, yang lolos seleksi pemberkasan sebanyak 110 orang.

"Berdasarkan aturan perekrutan Pengawas TPS kita sudah 2 kali dari jumlah kebutuhan, sekarang tahap wawancara, untuk menjaring Pengawas TPS yang memiliki pemahaman baik terkait kepemiluan, dan tugasnya sebagai pengawas TPS," tuturnya.

BACA JUGA:Daniel Muttaqien: Bambang-Kasan Paling Paham Masalah Dasar di Indramayu

Udrus mengungkapkan dari 110 jumlah pelamar yang lolos seleksi tersebut akan terjaring 50 orang yang dianggap memiliki pengetahuan dan memiliki kompetensi di bidang pengawasan Pemilukada sehingga mereka dapat bekerja dengan baik melakukan pengawasan selama proses pemungutan suara di TPS.

"Nanti hasil tes wawancara akan diplenokan, untuk kami tetapkan  dan umumkan sebagai calon Pengawas TPS yang lolos, selanjutnya akan di lakukan pelantikan antara tanggal 3 atau 4 November 2024, sesuai dengan time line perekrutan Pengawas TPS," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Panwascam Sukagumiwang Taryono SH mengatakan dalam perekrutan Pengawas TPS dilakukan sebaik mungkin sehingga bisa menghasilkan pengawas yang memahami mekanisme pengawasan pemilu, selain itu memberikan kesempatan bagi masyarakat khususnya pada tokoh pemuda yang ada di Kecamatan Sukagumiwang untuk bisa ikut mendaftar dan menjadi bagian dari penyelenggara Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Indramayu, dalam hal pengawasan jalan pemilihan kepada daerah di Indramayu.

"Dalam perekrutan kami lakukan secara terbuka seleksi juga secara terbuka, untuk pendaftar banyak diantaranya pelamar baru, kami seleksi sebaik mungkin sehingga terpilih Pengawas TPS mampu bekerja dengan baik mengawasi proses pemungutan suara," paparnya.

BACA JUGA:Media Belanda Bocorkan Jairo Riedewald Positif Bela Timnas Garuda Menyusul Kevin Diks, 'Sebentar Lagi'

Taryono berharap dengan terpilihnya Pengawas TPS yang berkompeten bisa menjalankan fungsi pengawasan saat proses pemungutan suara, penghitungan suara, sampai dengan proses penetapan suara pemenang Pilkada di dalam TPS wilayah kerjanya masing-masing dengan baik, supaya dapat mewujudkan Pilkada 2024 yang aman, dan damai di Kabupaten Indramayu.

"Bisa bekerja sebaik mungkin, mengawal suara rakyat Indramayu, bisa mencegah pelanggaran yang bisa saja terjadi di TPS, intinya bisa saling mengingkatkan bersama petugas KPPS untuk menyukseskan Pilkada 2024 di Indramayu," katanya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: