Bakal Calon Pemain Naturalisasi Jairo Riedewald Dikabarkan Menjadi Pemain Terakhir untuk Naturalisasi

Bakal Calon Pemain Naturalisasi Jairo Riedewald Dikabarkan Menjadi Pemain Terakhir untuk Naturalisasi

jairo riewald salah satu calon pemain naturalisasi terakhir-AFP/MIKE HEWITT-radarindramayu.com

RADARINDRAMAYU.COM- Mantan pemain Crystal Palace, Jairo Riedewald, baru-baru ini menjadi sorotan publik setelah memberikan isyarat kuat bahwa ia siap membela Timnas Indonesia.

Hal ini terlihat dari langkahnya menambahkan bendera Indonesia pada akun Instagram pribadinya pada Selasa (27/8), yang memicu spekulasi bahwa ia siap untuk proses naturalisasi.

Sebagai pemain yang memiliki pengalaman bermain di liga top Eropa, khususnya di Inggris dan Belgia, Jairo Riedewald dikabarkan menjadi pemain terakhir untuk naturalisasi bagi pertahanan Timnas Indonesia.

Lahir di Haarlem, Belanda, pada 9 September 1996, Jairo memiliki darah Indonesia dari ibunya, sementara ayahnya berasal dari Suriname.

BACA JUGA:Calon Pemain Naturalisasi Mauro Zijlstra Dikabarkan Sudah Siapkan Dokumen Naturalisasi

Karier sepakbolanya dimulai di akademi SV Overbos sebelum pindah ke akademi Haarlem pada tahun 2007. Setahun kemudian, Ajax Amsterdam merekrutnya, di mana ia menghabiskan sebagian besar masa mudanya, berkembang dari tim U-17 hingga U-21.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sebelumnya menyatakan bahwa pihaknya terbuka terhadap pemain yang ingin dinaturalisasi, dan Jairo tampaknya memenuhi kriteria tersebut.

Tidak hanya menambahkan bendera Indonesia di bio Instagram-nya, Jairo juga mengonfirmasi bahwa ia tidak menghadapi hambatan dalam proses naturalisasinya.

Langkah menambahkan bendera Merah Putih di bio Instagram @jriedewald semakin memperkuat dugaan bahwa Riedewald bersedia membela Indonesia.

BACA JUGA:Erick Thohir Diam-Diam Incar 6 Pemain Naturalisasi Lagi untuk Perkuat Timnas Indonesia, Siapa Saja?

Meskipun ia pernah membela Timnas Belanda, sesuai dengan aturan FIFA, ia masih bisa bergabung dengan Timnas Indonesia, selama ia belum berusia 21 tahun saat menjalani pertandingan internasional tipe A.

Kini, dengan kariernya di Royal Antwerp di Liga Belgia, Riedewald masih memenuhi syarat untuk memperkuat skuat Garuda.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa pada September 2024, akan ada pemain yang datang untuk menyelesaikan proses naturalisasi.

Meskipun Arya tidak mengungkapkan identitas pemain tersebut, spekulasi mengarah pada beberapa nama, termasuk Ole Romeny, Mees Hilgers, Mauro Ziljstra, dan Jairo Riedewald.

BACA JUGA:Coaching Clinic Aldi Satya Mahendra di SMK Pertiwi Kuningan, Wujudkan Mimpi Jadi Juara Pakai Yamaha R25

Rencana naturalisasi Jairo sebenarnya telah muncul sejak awal 2024. Anggota Komite Disiplin PSSI, Hasani Abdulgani, mengaku bahwa ia dihubungi oleh seseorang yang memiliki hubungan keluarga dengan Riedewald.

Arya pun menambahkan bahwa meskipun dokumen telah dipersiapkan, pemain tersebut harus datang ke Indonesia untuk menyelesaikan proses administrasi.

“Mereka harus datang ke Indonesia dahulu, karena ada beberapa proses administrasi yang harus dilalui. Pada 5 September nanti, mereka diharapkan hadir karena bertepatan dengan FIFA Matchday,” jelas Arya melalui kanal YouTube-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: