Situ Cipanten Jadi Favorit Masyarakat Liburan Lebaran di Majalengka, Pengunjung Capai Segini

Situ Cipanten Jadi Favorit Masyarakat Liburan Lebaran di Majalengka, Pengunjung Capai Segini

Jumlah wisatawan Situ Cipanten selama libur lebaran mencapai lebih dari 39 ribu orang.-Situ Cipanten - Tangkapan layar-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Situ Cipanten menjadi objek wisata favorit bagi masyarakat menghabiskan libur Lebaran 2024 di Kabupaten Majalengka.

Bahkan jumlah pengunjung Situ Cipanten mencapai 39.090 wisatawan. Hal tersebut menjadi rekor tersendiri bagi angka kunjungan wisata.

Selain Situ Cipanten, masyarakat juga banyak yang mengunjungi Terasering Panyaweuyan untuk menghabiskan cuti bersama Idul Fitri.

Kepadatan pengunjung di dua objek wisata tersebut, sesuai hasil pemantauan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Majalengka.

BACA JUGA:Ada WFH, ASN Boleh Tunda Kembali Masuk Kantor, Berlaku 16 - 17 April

Kepala Disparbud Majalengka Ida Heriyani mengungkapkan, para pengunjung yang datang berasal dari kota dan kabupaten sekitar untuk menghabiskan waktu liburan dengan berekreasi bersama keluarga.

“Dari perhitungan kami, selama momen libur ini jumlah kunjungan tertinggi dapat terjadi di Situ Cipanten dengan jumlah 39.090 wisatawan. Sedangkan Terasering Panyaweuyan sebanyak 13.993 turis,” katanya.

Untuk menghadapi lonjakan pengunjung, Disparbud Majalengka telah mempersiapkan sarana penunjang dan memperbaiki tata kelola pada objek wisata agar masyarakat merasa nyaman dan betah selama berlibur.

Ia juga memperkirakan jumlah kunjungan turis pada destinasi wisata lainnya di wilayah Kabupaten Majalengka mengalami kenaikan sampai 130 persen.

BACA JUGA:Banyak Pemudik via Jalur Pantura Cirebon - Indramayu Pilih Pulang di Malam Hari

“Kami memprediksi kunjungan wisatawan akan meningkat, dengan asumsi kenaikan selama Lebaran 2024 itu mencapai 130 persen dibandingkan hari biasa,” ungkapnya.

Ia mengatakan peningkatan ini dapat terealisasi karena destinasi populer tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap libur Lebaran.

Menurut dia, destinasi objek wisata lainnya itu terdiri dari objek wisata alam, seperti Curug Cipeuteuy, Curug Muara Jaya, Terasering Panyaweuyan, Paralayang Gunung Panten, hingga Situ Cipanten.

“Objek wisata yang populer misalnya Terasering Panyaweuyan, di sana terdapat lanskap pertanian milik warga yang unik dan indah, sehingga mengundang turis untuk datang. Lokasinya pun berdekatan dengan Gunung Ciremai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: