Banyak Pemudik via Jalur Pantura Cirebon - Indramayu Pilih Pulang di Malam Hari

Banyak Pemudik via Jalur Pantura Cirebon - Indramayu Pilih Pulang di Malam Hari

Puncak arus mudik di Jalur Pantura Cirebon - Indramayu terjadi pada malam hari.-Satlantas Polres Indramayu-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Puncak arus mudik di Jalur Pantura Cirebon - Indramayu terjadi pada Minggu hingga Senin dini hari 14-15, April 2024. 

Rupanya banyak pemudik yang memilih melakukan perjalanan malam hari, khususnya mereka yang menggunakan sepeda motor.

Data Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon di Pos Lampu Merah Weru, kendaraan yang melintasi jalur arteri pada Sabtu 13 April 2024 mulai pukul 20.00 sampai Minggu 14 April 2024 pukul 08.00 WIB, dari arah Jakarta 39.286 kendaraan.

Sementara arus balik dari arah Jawa Tengah ke Jakarta tercatat ada 52.414 kendaraan. Total ada 91.700 kendaraan.

BACA JUGA:Penampakan Roket Serangan Iran Hujani Langit Israel

Jumlah tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua mencapai 67.754 kendaraan. Dengan rata-rata per jam sekitar 7.500 kendaraan yang melintas di pantura Kabupaten Cirebon.

Jumlah kendaraan yang melintas pada malam hari itu tercatat tinggi jika dibanding dengan kendaraan yang melintas pada Minggu siang (14/4) pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB, dari arah Jakarta hanya sebanyak 10.520 kendaraan.

Sementara arus balik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta ada 11.894 kendaraan. Rata-rata per jam sekitar 5.500 unit kendaraan yang melintas.

“Arus balik mulai meningkat dari hari Sabtu (13/4) dan terus meningkat hingga Minggu pagi tadi (kemarin). Tapi padat dan lancar. Menjelang siang, mulai senggang. Arus balik menurun," kata Kasi Lalu Lintas Dishub Kabupaten Cirebon Ferry Agustin.

BACA JUGA:Kepanikan di Kota Tel Aviv saat Roket dan Drone Iran Serang Israel

Pihaknya memprediksi puncak arus balik akan kembali terjadi pada Minggu malam (14/4) hingga Senin dini hari (15/4). Pasalnya, pemudik bakal balik ke perantauan sebelum jam masuk kerja, yakni pada Selasa besok.

Disinggung dampak one way, Ferry mengatakan, one way untuk arus balik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta, sudah diberlakukan sejak Sabtu.

Kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah dialihkan ke jalur arteri. Hal itu membuat jalan pantura Kabupaten Cirebon terpantau ramai dan padat.

Terpisah, Kasat Lantas Polresta Cirebon Kompol Muhamad Ardi Wibowo mengatakan jumlah kendaraan yang melintas di Tol Palimanan tercatat terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: