Cirebon Mall yang Kini Tersisa Beberapa Tenant, Manajemen Coba Bangkit Lagi Tahun Ini

Cirebon Mall yang Kini Tersisa Beberapa Tenant, Manajemen Coba Bangkit Lagi Tahun Ini

Cirebon Mall menjadi mal legendaris pertama yang ada di Cirebon. Foto: apridista siti ramdhani-radar cirebon.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menjadi mal pertama yang berdiri di Cirebon, Cirebon Mall sempat menjadi tempat nongkrong favorit pada masanya. Berusia 35 tahun, mal tersebut menjadi tempat pertama brand-brand ternama hadir di Cirebon.

Manajer Operasional Cirebon Mall, Sikomto, mengatakan bangunan CIrebon Mall pertama kali berdiri di tahun 1989. Tapi resmi beroperasional di tahun 1991.

Menjadi mal pertama di Cirebon, kala itu mal ini berdiri dengan tenant terbesar yakni Hero Supermarket dan Ramayana. "Hero Fastfood juga hadir menjadi fastfood pertama yang hadir di Cirebon," tuturnya, Sabtu 3 Februari 2024.

Saat jaya-jayanya, ada lebih dari 30 brand hadir di Cirebon Mall. Mulai dari tenant entertainment seperti Bioskop 21. Kemudian beberapa brand food and beverage juga hadir pertama kali di Cirebon di Cirebon Mall. Seperti KFC, CGC, McD, Dunkin Donuts, hingga Es Teler77.

BACA JUGA:Pekan Ini Contraflow, Antisipasi Libur Panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024

Brand lokal fashion legendaris pun sempat hadir di Cirebon Mall. Mulai dari Posh Boy, Osella, Country Fiesta, Hammer, C59, Bata, dan Atlet Foot yang kini berubah menjadi Sport station.

"Toko Buku Gunung Agung juga menjadi toko buku terbesar pertama yang hadir di Cirebon berada di Cirebon Mall kala itu," terangnya.

Di tahun 1995 dengan prospek bisnis yang terus menggeliat, beberapa brand lainnya mulai masuk. Seperti Pizza Hut, Texas Chicken, hingga kemeja Expand. Berbagai brand fashion bergeliat dan menjadi pilihan masyarakat Cirebon.

“Pilihan berbelanja fashion tersedia lengkap di sini, dan ditunjang dengan banyaknya tenant FmB menjadi alasan masyarakat Cirebon kerap berbelanja di sini," ungkapnya.

BACA JUGA:Polisi Bongkar Begal Sadis, 2 Pelaku ‘Dihadiahi’ Timah Panas

Dan, seiring melesatnya perkembangan ekonomi di Kota Cirebon, pembangunan berbagai mal dan pusat perbelanjaan lainnya pun mulai bermunculan. Cirebon Mall kala itu mengalami goncangan bisnis.

Di tahun 2010 Cirebon Mall pun merasakan persaingan bisnis yang ketat sehingga beberapa tenant memilih mundur. Hingga saat ini hanya tersisa beberapa tenant saja seperti toko komputer, play station, dan KFC. “Pandemi juga menjadi salah satu tantagan kami," ujarnya.

Meski begitu, di tahun 2024 ini Cirebon Mall pun berniat untuk kembali menghidupkan mal legendaris pertama di Cirebon tersebut. Dimulai dengan masuknya Lucky Elephant Live Seafood, beberapa investor dikatakan mulai melihat potensi Mall ini yang masih bisa dikembangkan.

Saat ini pihak manajemen juga sedang menjajaki hadirnya kembali bioskop. "Dengan hadirnya live seafood, membuka para investor untuk menghidupkan kembali Cirebon Mall. Kami berharap beberapa tenant bisa dihadirkan kembali," terangya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: