Pekan Ini Contraflow, Antisipasi Libur Panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024

Pekan Ini Contraflow, Antisipasi Libur Panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024

Pemerintah akan menerapkan contraflow di jalan Tol Trans Jawa pada momen libur panjang Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2024. -DOKUMEN-RADAR INDRAMAYU

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengumumkan bakal menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow di jalan Tol Trans Jawa pada momen libur panjang Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek.

Yakni, terhitung mulai 7-11 Februari 2024. Contraflow direncanakan bakal diberlakukan di Tol Trans Jawa mulai KM 47-KM 87 pada arus mudik dan sebaliknya pada arus balik. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kepadatan selama momen libur tersebut. Pihaknya memastikan, contraflow ini akan dilakukan secara situasional.

“Sahabat Lantas, Korlantas Polri beserta stakeholder terkait sudah menetapkan jadwal contraflow yang akan diberlakukan selama libur panjang memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2024 berlangsung. Contraflow ini bersifat situasional, sesuai diskresi kepolisian," bunyi pengumuman Korlantas Polri melalui akun Instagram resmi, @ntmc_polri, dikutip Minggu 4 Februari 2024.

Korlantas Polri juga menetapkan terhitung mulai Rabu, 7 Februari 2024 hingga Jumat, 9 Februari 2024 sebagai arus mudik libur panjang Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek.

BACA JUGA:Duh! Dua Kali Bunyi Ledakan, Rumah Produksi Petasan di Indramayu Rata dengan Tanah

Sedangkan arus balik ditetapkan, pada Sabtu, 10 Februari-Minggu, 11 Februari 2024. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan pada momen puncak arus mudik dan arus balik tersebut.
“Hindari bepergian ditanggal-tanggal yang akan menjadi puncak arus mudik agar terhindar dari kemacetan," ujar Korlantas Polri dalam akun Instagramnya.

Selama arus mudik, Korlantas Polri memastikan contraflow akan diberlakukan mulai dari KM 47 Karawang Barat hingga KM 87 Subang. Selama arus balik, Korlantas Polri memastikan contraflow akan diberlakukan mulai dari KM 87 Subang hingga KM 47 Karawang Barat.

Perlu diketahui, kebijakan contraflow diputuskan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 lembaga pemerintah.
Yakni Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan Kementerian PUPR. Ini bertujuan mengatur sistem lalu lintas demi keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan ketertiban bersama.

“Sama dengan libur Nataru sebelumnya, mengingat kali ini juga liburnya cukup panjang perlu dilakukan pengaturan agar meningkatkan kelancaran lalu lintas mengingat jumlah volume kendaraan diprediksi akan bertambah, baik di jalan tol maupun non tol," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno.

BACA JUGA:Ribuan Massa Pendukung Anis Kepung Kota Indramayu

Sistem contraflow selama libur panjang Isra Mikraj dan Hari Raya Imlek 2024 terjadi dalam waktu lima hari. “Apabila di lapangan nanti terjadi perubahan arus lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, Korlantas Polri dapat melaksanakan manajemen operasional berupa diskresi petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia," jelas Dirjen Hendro.

Patut diketahui bahwa perayaan Isra Mikraj dan Hari Raya Imlek 2024 terjadi dalam waktu yang berdempetan. Perayaan Isra Mikraj diperingati setiap 27 Rajab dalam kalender Hijriah, yang mana 27 Rajab 1445 H jatuh pada Kamis, 8 Februari 2024.

Pemerintah menetapkan Isra Mikraj sebagai hari libur nasional. Adapun perayaan Hari Raya Imlek 2575 Kongzili jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024. Libur nasional Tahun Baru Imlek 2024 ini juga disertai cuti bersama pada Jumat, 9 Februari 2024.

Dengan demikian, terdapat empat hari libur yang terjadi dalam libur panjang Isra Mikraj dan Hari Raya Imlek 2024, yaitu dimulai dari Kamis 8 Februari 2024 sampai Minggu 11 Februari 2024. (jp/ds/rc)

BACA JUGA:Atasi Kurangnya Pasokan Air Bagi Petani, Bupati Nina Turun Langsung ke Lapangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: