Aplikasi Talenta Ayu Diluncurkan, Diinisiasi Hj Eti Herawati

Aplikasi Talenta Ayu Diluncurkan, Diinisiasi Hj Eti Herawati

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr Ahmad Syadali MEd (istimewa)-Utoyo Prie Achdi-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu,  Dr Ahmad Syadali M.Ed melaunching Aplikasi Talenta Ayu (Tanggap Literasi Numerasi tetap Asyik), yang digelar secara zoom meeting dan live streaming youtube, Sabtu 28 Oktober 2023 lalu.

Acara tersebut dihadiri 280 peserta terdiri dari jajaran pejabat Disdikbud, seluruh kepala SMP Negeri Se-Kabupaten Indramayu dan seluruh penanggung jawab Aplikasi Talenta Ayu  dari masing-masing sekolah.

Dr Ahmad Syadali menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ibu Hj Eti Herawati MPd, selaku Kepala Bidang Pembinaan SMP yang sudah menginisiasi adanya Aplikasi Talenta Ayu.

Aplikasi Talenta Ayu adalah suatu aplikasi yang digunakan oleh siswa untuk mengupload hasil resume bacaan yang telah dibacanya (Literasi) dan digunakan oleh guru untuk mengupload soal-soal numerasi dan penyelesaiannya. 

BACA JUGA:Bareskrim Gerak Usut Aliran Dana Kasus TPPU Panji

BACA JUGA:Kecelakaan Maut di Arjawinangun, Dua Meninggal, 1 Balita

Tujuan dibuatnya Aplikasi Talenta Ayu adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SMP dalam rangka memuwujudkan pendidikan SMP yang berkualitas. Aplikasi ini akan digunakan di seluruh SMP Negeri di Kabupaten Indramayu.

Berdasarkan penjelasan dari inisiator, Ibu Hj Eti Herawati, pembuatan aplikasi ini merupakan Rencana Aksi Perubahan Kinerja Organisasi (RAPKO)  Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) ke IX di BPSDMD Jawa Tengah. 

Adapun yang menjadi latar belakang pengambilan isu tersebut karena rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa SMP pada Rapor Pendidikan hasil Asesmen Nasional tahun 2023. 

Apabila core isu  tidak segera diintervensi, maka akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di Kabupaten Indamayu. 

BACA JUGA:Rakor Evaluasi PUG untuk Pertahankan APE

BACA JUGA:Bulog Siap Distribusikan Banpang Bulan November

Dengan kemampuan literasi numerasi yang baik siswa akan lebih siap menghadapi perkembangan zaman di abad 21 yang relative cepat dan dinamis. 

Selain itu, siswa akan dapat berpikir secara rasional, sistematis dan kritis dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kemampuan numerasi juga memiliki andil yang sangat besar untuk dikuasai. Kemampuan numerasi yang baik merupakan proteksi terbaik terhadap angka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: