Rakor Evaluasi PUG untuk Pertahankan APE

Rakor Evaluasi PUG untuk Pertahankan APE

RAKOR: Disduk P3A Kabupaten Indramayu rapat koordinasi dalam upaya persiapan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya 2023, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disduk P3A) Kabupaten Indramayu menggelar rapat koordinasi (rakor) kelompok kerja pengarusutamaan gender (PUG), kemarin.

Sekertaris Disduk-P3A, Rosidah mengatakan,  pembangunan gender lebih menekankan pada bagaimana perempuan lebih berperan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pemberdayaan perempuan dalam pembangunan.

Dijelaskannya, dalam perkembangannya peranan perempuan bukan saja sebagai pelaku pembangunan, mereka juga turut  untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan berbagai program pembangunan.

“Paradigma ini lebih dikenal dengan Pengarusutamaan Gender,” ujarnya.
Menurut Rosidah, untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan PUG, terutama dikaitkan dengan pelaksanaan PUG dalam perencanaan pembangunan, perlu dilakukan kegiatan evaluasi dalam pelaksaannya.

BACA JUGA:Bulog Siap Distribusikan Banpang Bulan November

BACA JUGA:Hari Pahlawan, Forkopimda Ziarah ke TMP Dharma Ayu

Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak (KHP & PHA) Disduk-P3A, Suharti mengatakan, rapat koordinasi untuk meningkatkan kebijakan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di organisasi perangkat daerah, pelaku dunia usaha dan lembaga-lembaga masyarakat di Kabupaten Indramayu.

“Sinergitas antara organisasi pemerintah daerah, organisasi masyarakat ini, dalam mendukung dan mengimplementasikan penguatan Pengarusutamaan Gender serta mewujudkan Indramayu Bermartabat," bebernya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Kabupaten Indramayu, Ahmad Budiharto mememinta kepada seluruh stakeholder yang terlibat untuk dapat lebih memperhatikan serta memahami tugas dan fungsi masing-masing dalam pelaksanan kebijakan PUG di Kabupaten Indramayu.

Mulai dari perencanaan sampai tahap evaluasi, dengan mengedepakan keterbukaan, keterpaduan, dan kebersamaan antar stakeholder.

BACA JUGA:Rekomendasi Toko Buku Original dan Terpercaya di Marketplace Blibli

BACA JUGA:Tiga Advokat dan Mediator Ikuti Bimbingan Tekhnis Sengketa Pilkada di Jakarta

Dengan sinergitas itu, lanjut Budiharto, diharapkan dapat memperoleh hasil evaluasi yang terbaik dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sehingga penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2023 dapat kembali diraih oleh Kabupaten Indramayu.

“Kita mempertahankan prestasi APE yang sudah pernah diraih. Dan kebijakan PUG di masing-masing instansi terutama yang menjadi instansi driver dapat berjalan optimal dengan adanya kolaborasi dan keterpaduan yang dilakukan oleh masing-masing instansi,” tukasnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: