Taman Kehati Jadi Pusat Edukasi dan Penelitian Pohon Langka di Indramayu

Taman Kehati Jadi Pusat Edukasi dan Penelitian Pohon Langka di Indramayu

TANAMAN LANGKA: Petugas Taman Kehati Tama (60) menunjukan jenis tanaman langka yang ada di Taman Kehati Komplek Perumahan Bumi Patra Pertamina Indramayu, Minggu (15/10).-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Nama-nama seperti Bintaro, Kedawung, Kecapi, Mundu, Kesambi, Kepuh, dan Kemang mungkin tidak asing bagi sebagian masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di Kabupaten Indramayu.

Namun, tahukah Anda bahwa nama-nama ini sebenarnya diambil dari jenis tanaman atau pohon yang kini sangat jarang ditemui?

Kini, berkat Taman Keanekaragamanan Hayati (Kehati) yang dibangun oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, sejumlah pohon langka yang dahulu pernah menghiasi Indramayu kembali hadir di lahan yang terletak di Kompleks Perumahan Bumi Patra Pertamina di Kecamatan Indramayu.

Tama (60), yang bertugas sebagai pengelola Taman Kehati, menjelaskan bahwa taman ini telah dikelola oleh Kelompok Tani Wong Tani Ceblok sejak tahun 2018.

BACA JUGA:Yamaha Indonesia Ajak Konsumen Nonton Langsung Gelaran Akbar MotoGP Mandalika

BACA JUGA:Selain Bermanfaat untuk Kecantikan, Ternyata Sereh Bisa Pengusir Nyamuk

Di dalam taman ini, ungkap Tama, terdapat sekitar 4.100 pohon, termasuk 33 pohon yang termasuk dalam varietas tanaman langka.

Tanaman-tanaman ini sudah sangat jarang ditemukan oleh masyarakat Indramayu. Bahkan, banyak dari mereka yang tidak tahu bahwa nama-nama seperti Mundu, Kesambi, atau Bintaro sebenarnya merujuk pada jenis pohon tertentu.

“Anak-anak sekarang mungkin tidak tahu bahwa nama tersebut merujuk pada tanaman yang sekarang sudah sangat langka. Meskipun mereka menemukan tanaman itu, mereka belum tentu tahu namanya,” jelas Tama.

Tama juga mencatat bahwa banyak anak-anak sekolah dari tingkat TK, SD, dan SMP, serta masyarakat Indramayu lainnya, datang untuk melihat berbagai jenis tanaman di Taman Kehati.

BACA JUGA:Bambang Hermanto Serahkan Bantuan Mesin dan LPG Bagi Nelayan di Indramayu

BACA JUGA:Diet Sehat Pakai Lemon, Madu dan Jahe ala dr Zaidul Akbar, Diminum Pagi Hari saat Perut Kosong

Sebagai penduduk asli Indramayu, Tama sangat bersyukur bahwa PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit VI Balongan telah memberikan sarana bagi masyarakat Indramayu untuk mengenal kembali beragam jenis tanaman atau pohon yang pernah ada di daerah ini.

Adapun tanaman yang ditanam di Taman Kehati adalah berbagai jenis pohon langka seperti Manoa, Buni, Benda, Belimbing Wulu, Nyamplung, Bintangur, Bintaro, Namnam, Kupa Anjing, Bisbul, Eboni, Culiket, Rukem, Mundu, Merawan, Gayam, Merbau, Kepayang, Cereme, Glodogan Tiang, Matao, Campole, Angsana, Kecapi, Kesambi, Meranti Hitam, Tengkawang, Meranti, Kepel, Kepuh, Duwet, Kupa/Gowok, dan Resak Rawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: