RU VI Gelar Sosialisasi Keadaan Darurat Kepada Masyarakat Sekitar Kilang

RU VI Gelar Sosialisasi Keadaan Darurat Kepada Masyarakat Sekitar Kilang

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menggelar kegiatan Sosialisasi Keadaan Darurat kepada warga di Ring 1 sekitar kilang yang dilaksanakan di Aula SD, Perumahan Bumi Patra, Indramayu, 5 Oktober 2023.-UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

BALONGAN, RADARINDRAMAYU.ID – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menggelar kegiatan Sosialisasi Keadaan Darurat kepada warga di Ring 1 sekitar kilang yang dilaksanakan di Aula SD, Perumahan Bumi Patra, Indramayu, 5 Oktober 2023.

Sosialisasi tersebut ditujukan untuk warga dan pejabat di Desa Balongan, Majakerta, Sukareja dan Sukaurip serta diikuti oleh Forkopimcam Balongan juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indramayu.

Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menjelaskan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada warga akan potensi bahaya terutama pada area di sekitar buffer zone RU VI.

"Sosialisasi ini diadakan guna meningkatkan kewaspadaan terhadap aspek Health, Safety, Security dan Environment serta sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir potensi dampak kejadian menjadi besar", jelas Zulkifli.

BACA JUGA:Patroli Polsek Juntinyuat Indramayu, Pastikan Keamanan dan Kenyamanan di Objek Wisata

BACA JUGA:Hari Jadi ke-496 Kabupaten Indramayu, DPRD Indramayu Gelar Sidang Paripurna Istimewa

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Zulkifli mengharapkan seluruh komponen turut bergabung dan menciptakan sinergitas, sehingga menciptakan masyarakat yang siap tanggap darurat dan lingkungan yang aman.

Sementara itu, Sr. Spv.  Emergency Response and Facility Yogi Wardana yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa melalui kegiatan sosialisasi ini semoga warga dapat teredukasi dalam menghadapi keadaan darurat.

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk mengedukasi warga apabila mendengar sirine berbunyi. Ada banyak jenisnya, salah satunya ketika berbunyi  3 menit secara terus menerus dengan jeda 10 detik, maka sedang terjadi keadaan darurat, terangnya.

Sirine keadaan darurat dijadwalkan berunyi setiap tiga bulan sekali, yakni setiap  hari Jumat pukul 11.30 WIB. Hal itu dilakukan  sebagai pengetesan dan pengecekan rutin  sirine untuk mengetahui dan menjaga agar sirine selalu dalam keadaan baik dan bisa aktif sesuai fungsinya.

BACA JUGA:Pagelaran Dharma Nyi Endang Darma: Kisah Sukses Transformasi Padukuhan Cimanuk di Hari Jadi Indramayu

BACA JUGA:Pimpin Sidang Paripurna Hari Jadi Indramayu, Ketua DPRD Ajak Saling Bergandengan Tangan Bangun Daerah

Selain itu pada kegiatan tersebut juga diputarkan video  yang menjelaskan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat, atau video evakuasi warga.

Kepala RT/RW 001/001 Desa Balongan blok Kesambi  Oji menyambut baik sosialisasi yang dilaksanakan serta berterima kasih atas kepedulian RU VI terhadap keselamatan warga yang tinggal dan beraktivitas berdampingan dengan kilang RU VI Balongan.

"Kami berharap, semoga pertemuan ini bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan pelatihan secara rutin dengan melibatkan  masyarakat dan perangkat desa agar  masyarakat terbiasa dan terlatih dalam menghadapi keadaan darurat. " ujar Oji.

BACA JUGA:Tips Ampuh Pakai Campuran Minyak Zaitun Plus Jeruk Nipis untuk Jadikan Kulit Wajah Glowing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: