Gebyar Aksi Pramuka Kwaran Kandanghaur Diikuti 1.232 Peserta, Semaraknya Melebihi Pesta Laut

Gebyar Aksi Pramuka Kwaran Kandanghaur Diikuti 1.232 Peserta, Semaraknya Melebihi Pesta Laut

GEBYAR AKSI PRAMUKA: Ka Mabiran Kandanghaur Hatta Direja saat pembukaan Perkemahan Gebyar Aksi Pramuka di Bumi Perkemahan Samboja Desa Eretan Kulon, kemarin.-Kholil Ibrahim-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID- Kwartir Ranting (Kwaran) Kandanghaur tuntas menggelar Perkemahan Gebyar Aksi Pramuka ke-62 tahun 2023.

Berlangsung selama tiga hari sejak Senin (2/10), kegiatan bertempat di Bumi Perkemahan Samboja, Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur berakhir Rabu (4/10).

Diikuti sebanyak 1.232 peserta Pramuka tingkat penggalang dari 47 pangkalan SD/MI dan 9 pangkalan SMP/MTs, rangkaian kegiatan berlangsung meriah.

Warga menyebut, semaraknya melebihi pesta laut alias Nadran yang sering dilaksanakan masyarakat nelayan setempat.

BACA JUGA:GEGER! Penemuan Mayat ABG di Pingir Sungai Irigasi, Diduga Korban Pembunuhan

“Ramai banget, apalagi pas acara karnaval. Semaraknya melebihi Nadran,” ucap Casmari, salah seorang warga.

Ribuan warga, lanjut dia, ramai-ramai keluar rumah untuk menyaksikan kegiatan pawai dari pinggir jalan. Mereka juga menyambut para peserta karnaval bertemakan kearifan budaya lokal dengan suka cita.

Apalagi, diantara peserta adalah anak-anak mereka sendiri. “Seneng banget orang tua lihat anak-anaknya pada semangat ikut pawai,” katanya.

Ketua panitia, H Durakhim SPd didampingi sekretaris Cariman SPd menyebutkan, selain pawai, Perkemahan Gebyar Aksi Pramuka juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya. 

BACA JUGA:GERCEP! Prajurit TNI Kodim 0616/Indramayu Padamkan Karhutla Samping Jalan Tol Cipali

Seperti pentas seni, gerak jalan, hyking serta beragam lomba kepramukaan dan ditutup dengan api unggun.

“Sebagaimana tujuan dilaksanakannya Perkemahan Gebyar Aksi Pramuka ke-62 tahun 2023 ini adalah untuk menjadikan tunas bangsa yang mandiri, ceria, disiplin, tanggungjawab dan berakarakter. Sehingga semua jenis kegiatan diisi dengan lomba yang menarik, menantang dan edukatif,” terang dia.

Hal ini dimaksudkan untuk memupuk rasa persaudaraan, meningkatkan kreatifitas dan ketangkasan anggota Pramuka. Menjadikan generasi muda yang berkarakter, berakhlak mulia, dan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi.

Sebelumnya, Perkemahan Gebyar Aksi Pramuka dibuka oleh Ka Mabiran Kandanghaur, Hatta Direja SSTP. Turut mendampingi jajaran Forkopimcam, Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kandanghaur, Abu Bakar SPd  para Kuwu serta para Mabigus se-Kecamatan Anjatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: