GERCEP! Prajurit TNI Kodim 0616/Indramayu Padamkan Karhutla Samping Jalan Tol Cipali

GERCEP! Prajurit TNI Kodim 0616/Indramayu Padamkan Karhutla Samping Jalan Tol Cipali

PADAMKAN KARHUTLA – Prajurit TNI Kodim 0616/Indramayu bersama Asper Cikawung dan Polisi Hutan bergerak cepat memadamkan karhutla disamping jalan Tol Cipali Km 139A di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu, Selasa sore (3/10).-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

TERISI, RADARINDRAMAYU.ID – Lahan disamping jalan Tol Cipali Km 139A yang masuk wilayah Desa Cikawung, Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu kembali terbakar, Selasa sore (3/10).

Beruntung, berkat gerak cepat prajurit TNI dari Kodim 0616/Indramayu, kobaran api yang melalap kawasan hutan di Petak 30 H, BKPH Cikawung RPH Cikamurang itu berhasil dipadamkan.

Informasi dihimpun, peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) itu diketahui sekitar pukul 15.30 atau selepas kumandang adzan Ashar.

Itu setelah Danramil 1613/Terisi Kapten Arh Supangkat yang sedang berada di Posko TMMD Desa Cikawung, mendapatkan laporan dari Asper Cikawung, Hendri Shut.

BACA JUGA:Inilah 25 Pemain Timnas Indonesia Pilihan Shin Tae Yong, untuk Hadapi Brunei Darussalam

BACA JUGA:Inilah 4 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit Wajah, Lakukan 6 Langkah Berikut Ini!

Bahwa di Petak 30 H, BKPH Cikawung RPH Cikamurang atau samping Jalan Tol Cipali Km 139A Desa Cikawung, telah terjadi kebakaran hutan.

Tak menunggu lama, mendapat informasi itu, Danramil Kapten Supangkat bersama sejumlah prajurit langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Tiba dilokasi, anggota TNI dibantu Asper Cikawung dan Polisi Hutan (Polhut) bahu membahu mengatasi kebakaran agar api tidak menyebar luas di wilayah itu.

Ketiadaan sumber air serta hembusan angin kencang menjadi kendala petugas dalam operasi pemadaman kebakaran hutan ini.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bahas Mitigasi Dampak El Nino, Instruksikan Pantau Sentra Produksi Pangan

BACA JUGA:Sajian Menu Lezat, Inilah Rekomendasi 6 Tempat Seafood Terbaik di Indramayu untuk Anda Coba

Dengan peralatan seadanya, mereka dengan penuh semangat bergotong-royong memadamkan spot atau titik api di beberapa lokasi.

Prajurit TNI dan Asper Cikawung memadamkan api dengan cara dipukul dengan menggunakan ranting dan daun kayu.

Si jago merah baru benar-benar dijinakkan setelah mobil patroli Polhut yang membawa air tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman api.

“Alhamdulillah, kobaran api berhasil dilokasiliri dan dipadamkan. Tidak melebar kewilayah lain,” kata  Dandim 0616/Indramayu, Letkol Arm Andang Radianto SAP melalui Danramil 1613/Terisi Kapten Arh Supangkat.

BACA JUGA:Helat Maulid Nabi dan Santuni Anak Yatim, Kapolres Indramayu Ajak Teladani Akhlak Rasulullah SAW

BACA JUGA:Gugah Selera Makan, Inilah 7 Jajanan Murah Khas Indramayu yang Banyak Dicari Wisatawan

Akibat kebaran tersebut, sekitar 2 hektare lahan milik Perhutani di Petak 30 H, BKPH Cikawung RPH Cikamurang hangus terbakar. Pihaknya memastikan, kebakaran api dan asap yang ditimbulkan tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang melintasi tol Cipali.

Danramil Kapten Supangkat menduga, penyebab kebakaran dilakukan oleh oknum warga yang tidak bertanggungjawab.

“Kami akan memasifkan pengawasan di area hutan dan lahan yang rawan terjadi kebakaran supaya kejadian serupa tidak terulang. Termasuk mitigasi, himbauan, sosialisasi dan juga edukasi terkait cegah karhutla terus menerus kami lakukan,” tandasnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: