Timnas Indonesia U-24 Sedang Beruntung, Kalah dari Korut Tapi Lolos ke 16 Besar, Kok Bisa?

Timnas Indonesia U-24 Sedang Beruntung, Kalah dari Korut Tapi Lolos ke 16 Besar, Kok Bisa?

Rizky Ridho dkk berhasil lolos ke babak 16 besar sepakbola Asian Games 2023-ist-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Timnas Indonesia U-24 sedang beruntung. Tampil kurang meyakinkan di penyisihan Grup F sepakbola Asian Games 2023, namun berhasil lolos ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia U-24 memang mampu unggul 2-0 atas Kirgistan di pertandingan pertama. Namun di pertandingan kedua dipermalukan Chinese Taipei 0-1.

Di pertandingan ketiga menghadapi Korea Utara, Minggu 24 September 2023, Timnas Indonesia U-24 tak berdaya dan kalah 1-0.

Sementara di pertandingan lain Grup F, Kirgistan ngamuk dan menghajar Chinese Taipei 4-1. Hasil ini membuat Kirgistan menempati posisi runner-up dan mendampingi Korea Utara ke 16 besar.

BACA JUGA:Ratusan Peserta Sepeda Onthel Meriahkan Ulang Tahun Goes Junti

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-24 Masih Bisa Lolos ke 16 Besar, Ini Syaratnya

Timnas Indonesia U-24 hanya menempati peringkat tiga Grup F dengan nilai 3. Namun Timnas Indonesia U-24 beruntung, karena berhak lolos ke 16 besar dengan predikat peringkat tiga terbaik.

Seperti diketahui, babak penyisihan sepakbola Asian Games 2023 ini dibagi menjadi 6 grup. Yakni grup A, B, C, D, E dan F. Sesuai aturan, juara dan runner-up dari masing-masing grup berhak lolos ke 16 besar. Jadi semua ada 12 tim.

Untuk menggenapkan 16 tim, diambil 4 tim peringkat tiga terbaik dari 6 grup tersebut. Setelah melalui perhitungan, Timnas Indonesia U-24 yang mengoleksi poin 3 ternyata masuk dalam peringkat 3 terbaik. Sehingga berhak lolos ke 16 besar.

Di babak 16 besar, Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi juara Grup C, antara Uzbekistan atau Hongkong. Keduanya baru akan bertanding Senin, 25 September 2023.

BACA JUGA:Polsek Karangampel Berhasil Amankan Dua Remaja Diduga Anggota Geng Motor

BACA JUGA:RU VI Balongan Ternyata Kilang Teraman dalam Pencegahan Tindak Terorisme

Terlepas siapapun lawan Indonesia di babak 16 besar, pelatih Indra Sjafrie sepertinya harus bekerja ekstra keras untuk membenahi tim yang ditukanginya.

Melihat penampilan di dua laga terakhir, melawan Chinese Taipei dan Korea Utara, permainan Egy Maulana Vikry masih jauh dari harapan. Mereka sulit sekali untuk mengembangkan permainan.

Dalam pertandingan menghadapi Korea Utara, Minggu 24 September 2023, Indonesia menyerah 0-1 atas Korea Utara. Gol Korea Utara dicetak oleh Kim Yunsong. Timnas Indonesia U-24 pun kalah 1-0.

Tmnas Indonesia U-24 biasanya bisa menguasai bola. Namun tidak untuk kali ini. Justru Korea Utara yang lebih mendominasi si kulit bundar.

BACA JUGA:Kabupaten Indramayu Targetkan UHC Capai 95 Persen Akhir Tahun Ini

Skuad indonesia pun tak bisa melancarkan serangan dalam 15 menit pertama. Serangan mereka kerap gagal di tengah atau saat mencoba menembus pertahanan Korea Utara.

Di sisi lain Korea Utara bsempat mendapat sepak pojok dan menghasilkan ancaman meski tak terlalu berbahaya dalam tempo 15 menit itu. Salah satu pemain mereka juga sempat mencuri bola dari kaki Irianto dan untungnya ketika mendapat peluang menembak di kotak penalti, ada Andy Setyo yang bisa melakukan blok.

Indonesia akhirnya mendapat peluang pada menit ke-23. Kesalahan pemain Korea Utara dalam mengumpan membuat bola bisa direbut skuad Merah Putih. Setelah mengoper beberapa kali, peluang akhirnya didapatkan oleh Rumakiek. Ia mendapat kans melepas tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Tapi bola bisa diantisipasi kiper dengan mudah.

Tak sampai semenit kemudian giliran Korea Utara mendapat peluang emas. Serangan mereka dari sayap kanan hampir membuahkan gol. Umpan silang dari kanan ditanduk satu pemain yang berdiri cukup bebas di area tiang dekat. Untungnya masih meleset tipis ke sisi kiri gawang.

BACA JUGA:Hari Ini, STIKes Indramayu Gelar Wisuda, Lahirkan SDM Terbaik yang Siap Bekerja Secara Profesional

Korut kemudian menekan lagi. Pada menit ke-32 mereka mencoba melepas tembakan jarak jauh. Namun bola kali ini melesat tipis saja di atas gawang.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-39. Pemain 16 Korut, Kim Yusong, menjebol gawang Indonesia. Awalnya lawan mendapat sepak pojok di sisi kiri gawang Merah Putih.

Bola dioper pendek ke ujung kotak penalti. Satu pemain lawan dengan bebas bisa melepas umpan ke kotak penalti. Bola yang mengarah ke tiang jauh disundul balik ke tengah lapangan. Yusong pun mencetak gol dengan bebas karena ia dalam posisi tak terkawal. Skor 1-0 untuk Korut.

Menit ke-45 Korut sukses mencetak gol lagi. Dari sepak pojok, Kang Kuk Chol sukses menjebol gawang Ernando Ari. Tapi untung wasit menganulirnya karena dalam prosesnya, ada pemain lawan yang terperangkap offside.

BACA JUGA:13 RSUD di Jawa Barat Terima Hibah Ventilator

Babak kedua Indonesia mengganti sejumlah pemain. Egy Maulana Vikry yang tak berkutik sepanjang pertandingan digantikan  Hugo Samir. Kemudian Dony Tri Pamungkas digantikan Haykal Hafidz.

Namun pergantian tersebut tidak mampu merubah skor, dan hingga akhir pertandingan skor 1-0 untuk Korea Utara tidak berubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: