Dua Tahun Pemkab Indramayu Selesaikan 3.090 Aduan I-Ceta

Dua Tahun Pemkab Indramayu Selesaikan 3.090 Aduan I-Ceta

Bupati Nina Agustina secara perlahan dan pasti terus menumbuhkan inovasi agar layanan publik menjadi layanan yang sangat memuaskan masyarakat Indramayu. -UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Pemerintah Kabupaten Indramayu, di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina secara perlahan dan pasti terus menumbuhkan inovasi agar layanan publik menjadi layanan yang sangat memuaskan masyarakat Indramayu.

Melalui program Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) yang merupakan salah satu dari 10 program unggulan, pemerintah hadir untuk segera memberikan layanan publik terbaik dengan cepat terutama layanan yang bersifat darurat dan sebagai solusi terhadap berbagai keluhan yang ada di perangkat daerah, RSUD, BUMD, kecamatan, puskesmas, hingga ke pemerintah desa.

Hadirnya I-Ceta yang mewajibkan semua perangkat daerah, RSUD, BUMD, kecamatan, puskesmas, dan pemerintah desa memiliki nomor call center yang bisa dihubungi 24 jam oleh masyarakat menjadi sebuah oase di gurun pasir dalam menangani permasalahan yang muncul secara cepat di Kabupaten Indramayu. Tidak hanya melalui layanan call center, melalui I-Ceta juga setiap instansi harus memiliki akun media sosial sebagai tempat untuk berkomunikasi dan mengais berbagai keluhan publik yang tersebar di kanal-kanal media sosial.

Bupati Indramayu, Nina Agustina melalui Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Teguh Budiarso menjelaskan, saat ini I-Ceta telah menjadi suatu icon yang bisa mengubah wajah birokrasi Kabupaten Indramayu. Melalui I-Ceta pemerintah telah hadir disaat warga membutuhkan, pemerintah menjadi solusi ketika masyarakat bingung, dan pemerintah menjadi tempat ternyaman untuk berkeluh kesah.

BACA JUGA:Quo Vadis Preferensi ldeologi dan Politik Generasi Gen Z

BACA JUGA:Kang Guru Abas Bangga Produk Sandal dan Sepatu Merek ULVI'S Milik Santri

“I-Ceta telah menjadi pelecut kinerja para ASN karena harus sigap setiap saat. Jika ada keluhan jangan coba-coba untuk mendiamkan apalagi mengabaikan jika tidak ingin menjadi bully-an masyarakat dan mendapatkan punishment dari pimpinan,” tegas Teguh, Senin 7 Agustus 2023.

Berdasarkan rekap data dari Diskominfo Kabupaten Indramayu sebagai perangkat daerah pengampu dan sebagai administrator center pengelola I-Ceta sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2022 terdapat 845 aduan dari masyarakat dan telah diinput ke Sistem Penginputan Data Keluhan Indramayu (Sepedahanyu) jumlah aduan yang masuk tersebut mengalami penurunan bila dibandingakn tahun 2021 sebanyak 2.245 aduan.

Aduan tersebut tersebar di perangkat daerah sebanyak 767 aduan, kecamatan sebanyak 43 aduan, dan Puskesmas sebanyak 35 aduan. Semua aduan yang masuk tersebut, pada tahun 2022 lalu semuanya telah dilakukan tindaklanjut dan dinyatakan selesai.

Pada tahun 2022 lalu, perangkat daerah yang banyak menerima laporan aduan yakni Sat Pol PP-Damkar sebanyak 292 aduan, sedangkan kecamatan yakni Kecamatan Losarang sebanyak 14 aduan, dan puskesmas yakni Puskesmas Gantar sebanyak 25 aduan. Jika dilihat dari jenis aduan yang masuk untuk perangkat daerah di Sat Pol PP-Damkar yakni kategori sosial dan kesejahteraan, sedangkan di kecamatan dan puskesmas jenis aduan yang masuk masyoritas adalah kesehatan.

BACA JUGA:Ujian SIM Kini Jadi Lebih Mudah, Tak Ada Lagi Lintasan Angka 8 yang Bikin Gagal

BACA JUGA:Tak Perlu Ke Dokter Gigi, Ini 4 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Sendiri di Rumah

“Progres dan respons Pemerintah Daerah melalui I-Ceta yang digawangi oleh para ASN yang terus membaik ini diharapkan berjalan secara berkesinambungan dan paripurna. Ini harus menjadi komitmen semua pihak penyelenggara pemerintahan di semua tingkatan sehingga cita-cita mulia menuju Indramayu yang bersih, religius, maju, adil, makmur, dan hebat (Indramayu Bermartabat) bisa terwujud,” harap Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: