Program CSR Polytama Bang Pilo, Ajak Kenali Manfaat #Plastikbaik Jenis Polipropilena

Program CSR Polytama Bang Pilo, Ajak Kenali Manfaat #Plastikbaik Jenis Polipropilena

PT Polytama Propindo (Polytama) melaksanakan kegiatan Pengenalan dan Pemanfaatan Produk Plastik kepada anggota kelompok binaan program Pengembangan Pindang Lombang atau dikenal dengan “Bang Pilo”, -UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – PT Polytama Propindo (Polytama) melaksanakan kegiatan Pengenalan dan Pemanfaatan Produk Plastik kepada anggota kelompok binaan program Pengembangan Pindang Lombang atau dikenal dengan “Bang Pilo”, yang merupakan program terbaru Community Development Polytama.

Berlangsung di kediaman Ketua Kelompok Bang Pilo di Desa Lombang, kegiatan ini turut diikuti oleh Kelompok Bang Pilo, Rumah Edukasi Kenanga dan Tim Polytama dari fungsi CSR, HSE dan Produksi.

PENTINGNYA PENGETAHUAN TENTANG PLASTIC

Wawasan masyarakat akan pengelolaan dan pemanfaatan plastik secara tepat merupakan salah satu penyebab plastik belum digunakan secara maksimal dan bahkan menjadi isu yang menuntut penanganan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat.

Seperti diketahui bahwa Pengelolaan sampah saat ini tengah menjadi perhatian dari berbagai pihak, dan perlunya partisipasi bersama untuk berkolaborasi perlahan mengubah mindset dari seluruh elemen termasuk masyarakat, bagaimana pengelolaan sampah dapat dilakukan secara bijak terhadap sampah plastik.

BACA JUGA:Persib Bandung Ditahan Imbang PSS Sleman. Permainan Belum Memuaskan

BACA JUGA:Pertamina Borong Penghargaan Pada ISRA 2023, Dinilai Konsisten Berdayakan UMKM

Memahami hal tersebut, serta sejalan dengan komitmen Polytama untuk lingkungan, Polytama sebagai Perusahaan penghasil resin plastik jenis Polipropilena (PP) menyadari perannya untuk mengedukasi masyarakat terkait penggunaan plastik yang tepat agar dapat mengoptimalkan manfaat yang dapat diperoleh dari plastik, terutama plastik jenis polipropilena yang memiliki karakteristik tersendiri.

TRANSFER CORE COMPETENCY DI KEGIATAN SHARING KNOWLEDGE

Kegiatan pengenalan dan pemanfaatan produk plastik kepada kelompok Bang Pilo ini merupakan salah satu bentuk Transfer Core Competency untuk memperkenalkan jenis – jenis dan kategori plastik yang kerap dijumpai di kehidupan sehari – hari.

Pengenalan dilakukan dengan pemaparan materi penggunaan plastik yang cocok untuk pengemasan makanan serta bentuk reuse dan recycle dari tiap jenis plastik.

Plastik jenis polipropilena yang diproduksi oleh Polytama sendiri merupakan jenis plastik yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai kemasan makanan, berkat keistimewaan karakteristiknya yang memungkinkan produk dengan jenis plastik polipropilena dapat digunakan berkali – kali dan tidak mengandung ikatan kimia yang beracun.

BACA JUGA:Poling Adat Inovasi Pemcam Jatibarang Maksimalkan Pelayanan Adminduk

BACA JUGA:Alan Sahlan SP Mantap Nyaleg DPRD Indramayu

Polytama ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa #plastikbaik jika dikelola secara bertanggungjawab.

“Ada beberapa jenis plastik yang pemanfaatannya sangat dekat dengan kehidupan kita. Salah satunya adalah jenis plastik polipropilena yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai pengemasan makanan.” ujar Dodi dari Production Engineer Polytama selaku narasumber.

Sebagai output dari kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan gambaran kepada kelompok Bang Pilo dalam menggunakan plastik yang tepat guna untuk pengemasan produk.

“Melalui kegiatan pengenalan #plastikbaik ini, diharapkan kelompok dapat mengenal penggunaan plastik yang sesuai dengan fungsinya. Kita juga berharap supaya kelompok senantiasa bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan plastik.” tambah M Andri Nugroho selaku Corporate Secretary Manager.

BACA JUGA:Astra Daihatsu Indramayu Launching New Terios di Indramayu

BACA JUGA:Cara Mudah Isi Ulang Pulsa dan Paket Data Internet di Blibli

Program Bang Pilo sendiri merupakan wujud komitmen Polytama dalam keberlanjutan lingkungan dan kepedulian Polytama terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di area Ring-1 Plant Site Polytama.

Bang Pilo berfokus kepada pengembangan potensi ikan pindang sebagai tradisi kuliner Desa Lombang melalui pelaksanaan pelatihan wirausaha agar memiliki daya jual yang kompetitif di tengah perkembangan zaman.

Saat ini, Kelompok Bang Pilo sedang mengembangkan kemasan produk pindang dengan memanfaatkan kemasan plastik vacuum. Selain menambah nilai jual, pengemasan dilakukan untuk meningkatkan ketahanan dan memperpanjang masa kadaluarsa produk sehingga dapat meningkatkan cakupan wilayah pemasaran pindang lombang serta sebagai perwujudan dalam penerapan #plastikbaik di kalangan warga binaan Polytama.

“Dulunya kami masih berjualan secara tradisional dari rumah ke rumah, kami bersama sama dengan kelompok mau mengembangkan pindang lombang ini supaya naik kelas dan dikenal banyak orang” ucap Bang Yos selaku ketua kelompok.

BACA JUGA:Dukung Kemajuan Aktivitas Offroad, Yamaha Ambil Bagian di Event Enduro Internasional

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional JBB Adakan Uji Emisi Gratis Bagi Konsumen Pertamax Series

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: