Polres Kota Cimahi dan DAM Perkuat Keselamatan Berkendara dengan Kompetisi Safety Riding

Polres Kota Cimahi dan DAM Perkuat Keselamatan Berkendara dengan Kompetisi Safety Riding

Polres Kota Cimahi dan DAM Perkuat Keselamatan Berkendara dengan Kompetisi Safety Riding-istimewa-RADAR INDRAMAYU

CIMAHI, RADARINDRAMAYU.ID  - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-77, Polres Kota Cimahi menggelar kegiatan lomba Safety Riding yang berkolaborasi dengan PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat.

Pelaksanaan kompetisi Safety Riding ini diselenggarakan di Safety Riding Center Honda  Jawa Barat yang berlokasi di  Jl Raya Cibeureum No. 45A Kota Cimahi pada hari Kamis 22 Juni 2023 dengan tema "Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi 2023".

Kapolres Cimahi AKBP, Aldi Subartono mengatakan, Safety Riding ini sebagai upaya revolusi mental dalam menciptakan generasi muda yang disiplin, berbudaya tertib, tegas dan bertanggung jawab. Para peserta safety riding diharapkan bisa menjadi Agent of Change sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan memberikan motivasi kepada kita semua dalam membudayakan keselamatan sebagai suatu kebutuhan.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada PT DAM atas dukungan dalam pelaksanaan Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi. Kolaborasi antara Polres Kota Cimahi bersama DAM telah memperkuat upaya kami dalam meningkatkan kesadaran akan keselamatan di jalan raya dalam mendorong perilaku berkendara yang aman,” ujar Aldi.

 BACA JUGA:Timnas Indonesia Hanya Kalah 0-2 dari Argentina, Ternyata Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Aksi Demo Al Zaytun Selesai, Ditutup dengan Berdoa dan Tepuk Tangan

Kompetisi ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari perwakilan siswa-siswi SMA dan SMK yang ada di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Sebelum berkompetisi seluruh peserta juga diharuskan mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir acara. Dimulai dari apel pembukaan yang dipimpin langsung Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono beserta jajarannya serta dihadiri oleh perwakilan manajemen DAM, Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT DAM sekaligus membuka Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi. Usai melaksanakan apel pembukaan, acara dilanjutkan dengan Safety Riding Center Virtual Tour, penjelasan teori Safety Riding, dan Quizizz.

Kompetisi ini dilaksanakan dengan mengukur beberapa hal yaitu Pengetahuan Berkendara dan Teknik Dasar Berkendara. Adapun beberapa poin yang dinilai mulai dari sesi teori, praktek teknik menikung, keseimbangan, hingga pengereman. Di sesi teori diambil 40 orang peserta untuk masuk ke tahap penilaian praktek skill berkendara.

Pada sesi penilaian praktek ada tiga sesi penilaian diantaranya Praktek menikung (Slalom Course) bertujuan untuk menguji kompetensi keterampilan pengendaraan dan pengendalian stang kemudi dengan posisi berkendara yang benar. Kemudian untuk praktek keseimbangan (Narrow Plank) untuk menguji keterampilan menjaga keseimbangan dengan kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara yang benar, sementara praktek pengereman (Braking) untuk menguji keterampilan untuk menghentikan kendaraan dengan cara yang stabil dalam jarak pendek dan postur tubuh yang benar.

Kesalahan yang dilakukan oleh peserta di setiap sesi penilaian praktek berkendara akan mengurangi poin yang mereka dapatkan. Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi 2023 akan menghasilkan tiga juara terbaik dan mendapatkan apresiasi dari Polres Kota Cimahi.

 BACA JUGA:Bridgestone Kembali Berpartisipasi Di World Solar Challenge 2023

BACA JUGA:BP3MI Imbau Calon TKI untuk Berhati-Hati

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada PT DAM untuk dapat bisa berkolaborasi dalam menyelenggarakan Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi 2023. Safety Riding Center Honda ini merupakan bentuk tanggung jawab moral kami yang didedikasikan untuk seluruh masyarakat Jawa Barat dalam rangka ikut berkontribusi menekan angka kecelakaan di jalan raya. Kami juga harap para generasi muda yang mengikuti kompetisi safety riding ini bisa dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara," ujar Demmy Firmansyah.

Berikut adalah Pemenang Kompetisi Safety Riding Polres Cimahi 22 Juni 2023 :

Juara 1 – Kevin Aprizal (Polres Cimahi, SMKN 1 Cimahi)

Juara 2 – Muhammad Riva Aditia Permana (Polsek Cisarua, SMAN 1 Parongpong)

Juara 3 – M. Salman Rizki Gumilar (Polsek Cipatat, SMAN 1 Cipatat)

Juara 4 – Muhammad Nauval (Polsek Cipatat, SMAN 1 Cipatat)

Juara 5 - Aidil Akbar Ramdhani (Polsek Cisarua, SMAN 1 Parongpong)

BACA JUGA:BP3MI Imbau Calon TKI untuk Berhati-Hati

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Menemui Pedemo dan Menyapa Wartawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: