Pemprov Jabar Alokasikan Rp700 Miliar untuk Pilkada Serentak 2024, Sisanya Ditanggung Kabupaten/Kota

Pemprov Jabar Alokasikan Rp700 Miliar untuk Pilkada Serentak 2024, Sisanya Ditanggung Kabupaten/Kota

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Indramayu Nina Agustina dan para kepala daerah se-Jawa Barat-Ist-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Bupati Indramayu, Nina Agustina menandatangan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa barat (Pemprov Jabar) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat, tentang pendanaan bersama pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, di Aula Barat Gedung Sate, Rabu 21 Juni 2023. 

Selain dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta jajaran Pemprov Jabar, kegiatan tersebut juga turut dihadiri Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat, Abdullah serta kepala daerah se-Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan, alokasi dana yang dianggarkan Pemprov Jabar untuk Pilkada serentak tahun 2024 mencapai 700 miliar rupiah. 

Dana tersebut dialokasikan untuk membiayai tujuh dari sembilan komponen pembiayaan pilkada serentak, yang mana sisa dukungan pembiayaan tersebut akan diberikan oleh pemerintah kota dan kabupaten.

BACA JUGA:RESMI DITETAPKAN. KPU Gencar Sosialisaikan 5 Surat Suara di Pemilu 2024

BACA JUGA:Azun Mauzun Tegaskan Ponpes Al Zaytun Bukan Anggota FPP

"Pilkada ini dibiayai bersama Provinsi dan kota kabupaten. Dari 9 komponen biaya Pemprov berbaik hati mengambil alih tujuh komponen, dua komponen lainnya dari kota kabupaten sehingga kami mengeluarkan lebih dari Rp700-an miliar. Lalu kota kabupaten ada yang Rp 30 miliar, Rp 50 miliar, di bawah Rp 100 miliar,” ungkapnya.

Diketahui, data penduduk potensial pemilih Pemilu yang diinformasikan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemilih di Jawa Barat mencapai 35.873.173 orang dengan proyeksi jumlah TPS untuk kebutuhan Pemilu 2024 148.432 untuk 27 kabupaten/kota di Jabar.

Dengan demikian, Ridwan Kamil berharap dengan dukungan yang ada penyelenggara pilkada dapat meningkatkan partisipasi pemilih, serta dapat melahirkan pimpinan daerah yang amanah dalam melaksanakan berbagai tugas yang menjadi tanggung jawab kepala daerah.

"Partisipasi pemilih pada pilkada mendatang diharapkan dapat tembus 80 persen karena 2019 hanya 79 persen, kedua kondusivitas tolong dijaga, ketiga diharapkan pilkada menghasilkan pemimpin yang berkualitas amanah membawa Jabar makin baik dari sisi progres pembangunan," harapnya.

BACA JUGA:Dukung Gaya Berkendara Semakin Berkelas, Yamaha Hadirkan Apparel dan Aksesoris Classy Yamaha

BACA JUGA:Gebyar Promo dan Hiburan yang Warnai Booth Yamaha di Jakarta Fair Kemayoran 2023

Sementara itu, Bupati Indramayu, Nina Agustina menyampaikan, pihaknya mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemprov Jabar terkait pendanaan bersama.

Menurutnya, langkah yang diambil tersebut merupakan refleksi dari tingginya sinergitas yang telah dibangun antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: