Rahmat Hidayat MPd Canangkan Program Unggulan  Jadikan Peserta Didik 'KEREN'

Rahmat Hidayat MPd Canangkan Program Unggulan  Jadikan Peserta Didik 'KEREN'

KEREN: Siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Gantar sedang melakukan kegiatan penanaman bibit di lahan yang ada d-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Untuk mewujudkan sekolah yang unggul, Kepala UPTD SMP Negeri Satu Atap 2 Gantar Rahmat Hidayat MPd canangkan berbagai program unggulan sehingga membuat para peserta didiknya menjadi "KEREN" yakni Kreatif, Efektif, Religius, Estetis, dan Nasionalis.

Disampaikan Rahmat Hidayat MPd UPTD SMP Negeri Satu Atap 2 Gantar yang terletak ditengah-tengah pedesaan yakni di Desa Situraja Kecamatan Gantar, memiliki sebanyak 35 peserta didik dari kelas VII sampai kelas IX dengan jumlah tenaga pendidik (tendik) sebanyak 10 orang dan satu tenaga administrasi  sekolah.

Lokasi sekolah yang berada di pedesaan, serta potensi yang dimiliki para peserta didik, UPTD SMP Negeri Satu Atap 2 Gantar berupaya memberikan pengalaman dan kenyamanan dalam belajar. "Kami melihat ada potensi yang sangat luar biasa pada anak-anak didik kami, untuk itu kami buat beberapa program yang memberikan manfaat,  pengalaman, dan memberikan kenyamanan dalam belajar dengan semua keterbatasan yang dimilik," ujarnya pada Radar Indramayu, Selasa (6/6).

Dijelaskan Rahmat, Ia telah menyiapkan 5 program andalan untuk para anak didiknya agar mereka menjadi siswa dan siswi yang Kreatif, Efektif, Religius, Estetis, dan Nasionalis yang di singkat "KEREN". Kelima program unggulan itu diantaranya pertama Produksi Pangan Daerah (PROPAGANDA), memanfaatkan lahan sekolah yang sempit, hal itu dilakukan untuk melatih peserta didik menanam, merawat  dan mengolah hasil tanam menjadi bahan pangan yang dapat di konsumsi.

BACA JUGA:Lagi Ujian Sekolah, Verifikasi Faktual Pemilih TPS Lokasi Khusus Mahad Al Zaytun Diundur

BACA JUGA:NGERI! Terobos Palang Pintu, Pemulung Tewas Tertemper KA

"Program ini  mewujudkan peserta didik kreatif, mandiri dan mampu bergotong royong sebagai perwujudan dari Profil Pelajar Pancasila, sekaligus dukungan terhadap program Pemkab Indramayu dalam meningkatkan ketahanan pangan, Program Pusat Pangan (PUSPA)," tuturnya.

Kemudian kedua ada program Melek Digital (Metal), pada program ini peserta didik diarahkan dan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai bahan dan media belajar, seperti mereka diajarkan bagaimana pemberian kode dengan cara memindai kode pada tanaman yang ditanam merupakan salah satu pemanfaatan gawai sebagai media belajar. Membuat  perpustakaan digital sebagai alternatif dalam proses pembelajaran
yang dapat membuat peserta didik lebih akan memanfaatkan gawai untuk hal
yang positif. Perpustakaan digital dibuat di dalam kelas dan di mini perpustakaan yang berada di ruang Guru, kemudian meletakkan buku-buku digital dengan pemanfaatan Qr & barcode di beberapa sudut sekolah.

"Program ketiga pendidikan karakter disingkat PAKAR, membentuk karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar pancasila, di sekolah kami ada beberapa kegiatan seperti sholat dhuha setiap hari jum’at, kuliah tujuh menit oleh guru dan peserta didik, menerapkan budaya 5S ( Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun ), mengaji sebelum kegiatan belajar di kelas
,dan program hafalan surat-surat pendek juga dilakukan sebagai upaya untuk melatih peserta didik menjaga Al-qur’an," papar Rahmat.

Sedangkan program ke empat yaitu Sekolah Indah Bersemi "SIBER", Sebagai upaya memberikan keindahan dan kenyamanan. Serta memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa dalam menanam dan merawat berbagai jenis tanaman bunga yang dapat memberikan kesan indah pada lingkungan sekolah. Serta pemanfaatan tanaman obat keluarga (toga)

BACA JUGA:Polisi Kembali Terapkan Tilang di Tempat, Ayo Patuhi Aturan Berkendara!

BACA JUGA:Perumda Air Minum Teken MoU dengan Insitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Selanjutnya program kelima Wawasan Tentang Sejarah dan Pengetahuan (WATSAP). Lewat program ini, dikatakan Rahmat  sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang
perjuangan bangsa Indonesia serta pengetahuan lainnya, sehingga diharapkan akan menumbuhkan jiwa nasionalisme pada peserta didik, dan dapat mengkreasikan bentuk nasionalisme tersebut dalam karya yang sesuai dengan kemampuan mereka.

"Semoga apa yang kami cita-citakan dalam program unggulan dengan kerjasama dan dukungan semua elemen disekolah dan lingkungan siswa siswi kami benar-benar menjadi KEREN," tukasnya. (oni)

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Polres Indramayu Selama Sepekan. Hari ini di Polsek Kandanghaur

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Polres Indramayu Selama Sepekan. Hari ini di Polsek Kandanghaur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: