Melihat Aktivitas Relawan Inspirasi Rumah Zakat di Indramayu : Berdayakan Lansia, Bekali Pendidikan Agama

Melihat Aktivitas Relawan Inspirasi Rumah Zakat di Indramayu :  Berdayakan Lansia, Bekali Pendidikan Agama

Sejumlah lansia di Indramayu tengah belajar membaca Al Qur'an dalam Pesantren Ramadhan Lansia 2023 beberapa waktu lalu-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Relawan Rumah Zakat Desa Tegalurung Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, Lastri Mulyani, memiliki kegiatan yang unik : Memberdayakan Lansia.

Di mata orang lain perempuan lanjut usia (lansia) mungkin dianggap sebagai orang yang tak berdaya dan tak berguna. Namun di tangan Lastri Mulyani, para lansia ternyata menjadi berdaya dan bersemangat.

Lastri mengungkapkan, di wilayahnya memang banyak perempuan lansia yang tak berdaya. Tapi bukan berarti mereka itu menjadi orang yang tak berguna. Justru melalui pendekatan dan motivasi, ternyata mereka juga bisa diberdayakan.

“Kalau mereka dibiarkan berdiam diri dirumah tanpa aktivitas, mereka tentunya akan jenuh bahkan cenderung tidak sehat dan sakit. Tapi dengan kita kasih aktivitas ternyata mereka bersemangat,” ungkap Lastri.

BACA JUGA:Wagub Uu Serahkan Santunan untuk Imam Masjid Al-Muhajir

BACA JUGA:Lima Hari Hilang, Ternyata Warga Tinumpuk Ditemukan Meninggal Dunia di Tengah Sawah

Lastri menjelaskan, selama ini para lansia telah memiliki sejumlah kegiatan rutin. Kegiatan yang dilakukan tentu saja tidak memberatkan mereka. Salah satunya adalah membuat ekobrik.

Ekobrik adalah botol plastik bekas air mineral, yang di dalamnya diisi dengan aneka sampah plastik bekas kemasan makanan atau minuman, hingga padat. Ekobrik-ekobrik tersebut dikumpulkan dan dirangkai, hingga menjadi kerangka pembuatan meja atau kursi.

“Dari ekobrik tersebut, kemudian dimodifikasi dengan menambahkan busa dan kalep dan menjadi meja kursi yang cantik,” kata Lastri Mulyani, Kamis 4 Mei 2023.

Meja dan kursi dengan bahan dasar ekobrik tersebut ternyata laku dijual dengan harga ratusan ribu rupiah.

BACA JUGA:Uji Kompetensi Siswa SMK Pakungwati Digelar di Goa Sunyaragi Cirebon

BACA JUGA:Tips Perawatan Sepeda Motor dengan Velg Jari-Jari

Selain membuat ekobrik, perempuan lansia di Desa Tegalurung ini juga diajari budidaya menanam anggur. Mereka telah dilatih bagaimana caranya menanam anggur, agar bisa menghasilkan.    

Sementara di bidang agama, Lastri Mulyani kembali menggelar Pesantren Ramadhan Lansia pada tahun 2023 ini. Pesantren Ramadhan Lansia ini telah berlangsung dari tanggal 1 sampai 12 April 2023.

Lastri Mulyani menjelaskan, tujuan kegiataan ini tidak lain untuk mengisi waktu luang bagi para lansia selama bulan Ramadhan.  Daripada mereka hanya tiduran atau nonton TV di rumah, akan lebih baik kalau diberi kegiatan positif.

Terutama belajar membaca Al Qur’an. Karena ternyata masih banyak juga lansia yang belum bisa membaca Al Qur’an.

Bagi mereka yang sama sekali belum bisa membaca Al Qur’an maka belajar membaca Al Qur’an dimulai dari Iqra. Sementara untuk yang sudah lancar membaca Al Qur’an  akan mengikuti tadarus, dengan target bisa khatam lebih dari tiga kali hingga pesantren berakhir.

Salah seorang peserta Pesantren Ramadhan Lansia, Ny Acih, mengaku senang mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini. Meski telah berusia 80 tahun,  Ma Acih terlihat bersemangat mengikuti pengajian dan belajar membaca Al Qur’an.

BACA JUGA:Spanduk Liar Sepanjang Jalan Raya Jatibarang- Pekandangan Di Tertibkan

BACA JUGA:Cantumkan Gelar, Bacaleg Wajib Tunjukkan Surat Keterangan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: