Uji Kompetensi Siswa SMK Pakungwati Digelar di Goa Sunyaragi Cirebon

Uji Kompetensi Siswa SMK Pakungwati Digelar di Goa Sunyaragi Cirebon

Pentas tari topeng Babakan gaya Slangit di panggung Goa Sunyaragi, Kota Cirebon, Rabu malam (3/5).-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Uji kompetensi keahlian siswa ini digarap serius. Dari mereka pentas di hadapan puluhan penonton. Lenggok tari diharapkan mampu membuat industri seni lebih maju lagi. Berlatar di Goa Sunyaragi, Kota Cirebon, Rabu malam (3/5).

 Ini adalah pentas tari topeng Babakan gaya Slangit. Yaitu sebagai syarat uji kompetensi keahlian Seni Tari SMK Pakungwati. Dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jawa Barat Benny Bactiar dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon Agus Sukmanjaya.

Menurut Benny Bactiar, pentas tari sebagai salah satu upaya regenerasi seniman tari tradisional Cirebon. Serta -secara lebih luas- mampu mendukung pariwisata di Jawa Barat. "Ke depan kegiatan seperti ini perlu dilestarikan agar pelaku seni terus berkembang," jelasnya, dalam sambutan.

Benny menyebut dunia pariwisata menjadi salah satu sektor terbaik di Jabar. Terlebih, katanya, saat ini infrastruktur di Jawa Barat telah mendukung untuk menjadikan pariwisata semakin unggul. Misalnya telah beroperasinya Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:Disduk P3A Bersama PT POS Salurkan Bantuan Pangan Bagi Keluarga Rawan Stunting

BACA JUGA:Cantumkan Gelar, Bacaleg Wajib Tunjukkan Surat Keterangan

"Sebentar lagi pesawat dari Malaysia sudah mendarat di bandara Kertajati. Jadi kita harus bisa menjadikan sektor pariwisata di Jawa Barat menjadi yang terbaik," ungkap Benny.

Sementara itu Agus Sukmanjaya mengatakan dukungan dari Pemprov Jabar bisa mampu mendorong Kota Cirebon menjadi destinasi wisata utama di Jawa Barat. Selain Bandung dan Bogor. Saat ini, jelas bekas Kadisnaker Kota Cirebon itu, Pemkot Cirebon tengah berupaya mendapatkan bantuan dari Pemprov Jabar yang kompetitif dalam sektor pariwisata di tahun 2024.

"Bantuan itu untuk menunjang pariwisata di Kota Cirebon dan pembenahan infrastruktur. Termasuk nantinya kita membuat kegiatan pementasan kesenian seperti ini secara berkala," pungkasnya.

Wakil Direktur Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) E Chaidir Susilaningrat menambahkan, bahwa pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memajukan pariwisata khususnya kesenian tradisional.

"Kami all out untuk pementasan kesenian tari tradisional ini. Panggung ini juga terbuka bagi para seniman. Kami komitmen untuk memajukan pariwisata Kota Cirebon dengan kegiatan bersama seperti ini," tukasnya. (*)

BACA JUGA:Akhirnya Identitas Korban Tewas di Sawah Terungkap, Ternyata Warga Gegesik

BACA JUGA:Jadwal Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Harus Menang Lawan Myanmar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: