Stok Elpiji Cukup Untuk Memenuhi Kebutuhan Lebaran, Masyarakat Tak Perlu Panik

Stok Elpiji Cukup Untuk Memenuhi Kebutuhan Lebaran, Masyarakat Tak Perlu Panik

Koordinator Hiswana Migas Indramayu, Asep Syaefudin memastikan stok elpiji aman saat lebaran-Utoyo Prie Achdi-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Menjelang lebaran kebutuhan akan gas elpiji dipastikan meningkat. Meski demikian masyarakat diminta tidak panik. Karena stok elpiji dipastikan mencukupi. 

Koordinator Hiswana Migas Kabupaten Indramayu Asep Syaefudin mengatakan, stok bulanan elpiji 1 juta metrik ton saat ini dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan lebaran. 

"Stok elpiji menghadapi lebaran dipastikan aman. Jika ada lonjakan permintaan, Pertamina juga siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama lebaran, " tandas Asep, Minggu 16 April 2023.

Sebelumnya PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI). 

BACA JUGA:Ady Setiawan, Idul Fitri Momen Evaluasi Diri

BACA JUGA:Kemenhan RI Bersama PT PPM Resmikan Lahan Pertanian Cadangan Logistik Strategis Nasional di Indramayu

Satgas RAFI ini efektif mulai 01 April 2023 sampai dengan 02 Mei 2023 yang siap mengamankan ketersediaan energi selama arus mudik Lebaran 2023.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Deny Djukardi menyampaikan, selain memastikan stok BBM dan LPG dalam posisi yang aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pertamina juga menyediakan layanan tambahan selama bulan Ramadhan 1444 H di SPBU jalur mudik.

“Sejalan dengan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), perkiraan pemudik tahun 2023 akan meningkat cukup signifikan. Pertamina memastikan kebutuhan BBM dan LPG terpenuhi dengan baik untuk seluruh masyarakat di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.” terang Deny

Deny menambahkan “Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kebutuhan BBM dan LPG selama masa Satgas RAFI.

BACA JUGA:Diakhir Bulan Ramadhan, Sekolah Alam Indramayu Berbagi Sembako

BACA JUGA:Maknai Ramadan & Nuzulul Quran, BSI Bagi THR ke 2.222 Anak Yatim

Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan sebanyak 6 persen untuk Gasoline (bensin) dan penurunan Gasoil (diesel) sebanyak 11 persen karena adanya pembatasan kendaraan angkutan barang dibandingkan dengan rata-rata penjualan pada Maret 2023. Hal ini juga sudah mempertimbangkan peningkatan arus mudik yang didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor.”

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menambahkan, Tim Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun 2023, Pertamina siap mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Bagian Barat selama arus mudik Lebaran tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: